4 Keuntungan Memberikan ASI Eksklusif Pada Bayi

4 Keuntungan Memberikan ASI Eksklusif Pada Bayi

Pemberian nutrisi yang berkualitas sangat dibutuhkan saat usia anak masih bayi. Kualitas nutrisi yang baik bisa anda dapatkan dengan mudah dari ASI Eksklusif. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa karena ASI eksklusif adalah pemberian air susu ibu selama enam bulan tanpa tambahan makanan lain. Meski tanpa tambahan lain, kandungan nutrisi pada ASI yang diberikan dalam 6 bulan pertama kelahiran bayi sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi anda.

Walaupun sudah tahu bahwa ASI ekslusif itu penting diberikan pada bayi, masih saja ada ibu yang belum memberikan ASI ekslusif pada bayinya, mereka masih saja khawatir jika hanya dengan ASI bayi tidak terpenuhi nutrisinya. Jika anda masih khawatir dengan hal itu, berikut penjelasan mengenai keuntungan jika anda memberikan ASI ekslusif pada bayi sehingga anda tidak ragu lagi akan kualitas atau manfaat dari ASI ekslusif :

  1. Keuntungan dari aspek Gizi

Bayi adalah usia dimana belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna oleh karena itu membutuhkan asupan nutrisi yang tidak sembarangan. Dengan ASI ekslusif akan sangat membantu sistem pencernaan bayi saat memproses makanan karena ASI mudah dicerna. Selain itu, ASI juga mengandung lipase yang digunakan untuk pencernaan lemak, dapat mempertinggi penyerapan kalsium, serta mengandung antibodi yang membantu melawan bakteri dan virus sehingga bayi akan terhindar dari penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya baik. Asam lemak pada ASI juga memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi

  1. Keuntungan dari aspek psikologis

Tidak hanya keuntungan nutrisi saja yang bisa anda dapatkan dari pemberian ASI ekslusif pada bayi. Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari segi psikologis seperti mendekatkan hubungan ibu dan bayi karena saat menyusui kulit anda akan bersentuhan dengan bayi, bayi terasa nyaman dan mengembangkan dasar kepercayaan pada bayi anda.

  1. Keuntungan bagi ibu

Ibu juga akan mendapatkan keuntungan jika menerapkan ASI ekslusif pada bayi anda. Keuntungan tersebut yaitu menurunkan risiko terkena kanker leher rahim dan kanker payudara, mempercepat involusi uterus atau kembalinya rahim ke ukuran normal setelah melahirkan. Selain itu, hormon oksitoksin yang keluar saat menyusui juga dapat membantu rahim berkontraksi. Hal ini mungkin bisa mengurangi perdarahan rahim usai persalinan, sekaligus kembali ke bentuk rahim sebelum hamil.

  1. Sebagai KB alami

Jika anda menjalankan ASI ekslusif dengan benar, anda akan mendapatkan keuntungan berupa KB secara alami. Kenapa bisa terjadi? Memberikan ASI eksklusif menjadi KB alami karena saat anda menyusui tubuh akan menghambat terjadinya ovulasi atau menunda kehamilan.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa anda dan bayi dapatkan dari ASI eksklusif. Jadi mulai sekarang jangan ragu lagi untuk selalu memberikan ASI eksklusif pada bayi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *