5 Tanda Bayi Terlahir Sehat

Tanda Bayi Terlahir Sehat

Bagi pasangan suami istri kehadiran anak merupakan suatu hal yang sangat dinantikan. Dengan kehadiran anak, keluarga kecil anda akan terasa lebih menyenangkan. Namun, terkadang keadaan bisa menjadi mengkhawatirkan saat anak terlahir dengan keadaan kurang sehat.

Saat lahir bayi bisa saja mengalami masalah. Contohnya berat badan lahirnya rendah, suara menangis pertama setelah dilahirkan kurang kuat, sehingga bayi harus dirawat sebelum diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Jika anda merasa khawatir setelah melahirkan bayi termasuk sehat atau tidak. Anda bisa mengetahuinya dari tanda-tanda bayi sehat yang terlihat dari anak anda. Adapun tanda bayi lahir sehat antara lain:

  1. Bayi menangis segera setelah dilahirkan

Tanda pertama yang harus anda pahami untuk mengetahui apakah bayi terlahir dengan sehat adalah tangisannya. Normalnya, bayi akan segera menangis setelah melahirkan. Oleh karena itu, jika bayi tak kunjung menangis dokter akan memberi rangsangan. Apabila tetap tidak menangis berarti ada yang salah dan bayi perlu waktu tambahan untuk dirawat di rumah sakit. Saat menangis juga pastikan bahwa tangisan bayi anda kuat.

2. Cek keadaan fisik bayi

Mengecek keadaan fisik bayi setelah dilahirkan juga penting untuk memastikan kelengkapan dan tidak ada kelainan fisik bayi. Seperti cek jari tangan dan kaki, adanya lubang anus dan lubang penis pada anak laki-laki. Karena ada beberapa bayi yang memiliki kelainan lubang anus dan lubang penis tertutup, oleh karena itu penting mengecek fisik bayi.

3. Cek kesehatan mata

Kesehatan mata perlu dicek untuk mengetahui apakah mata atau bola mata bayi dapat menerima stimulus yang diberikan. Anda bisa mengecek dengan mengalihkan perhatiannya menggunaka jari atau mainan. Jika mata bayi anda mengikuti stimulus yang diberikan maka matanya dalam keadaan sehat.

4. Mampu mendengarkan suara

Mengecek kemampuan mendengar bayi bisa anda lakukan dengan cara mengeluarkan suara saat bayi tertidur. Jika keadaan telinganya baik, maka ia akan terbangun atau kaget saat mendengar suara yang anda keluarkan.

5. Berat badan lahir normal

Berat badan lahir bayi anda juga harus dalam batas normal untuk dikatakan sehat. Minimal berat badan lahir bayi dikatakan normal adalah di atas 2500 gram. Sama halnya dengan tanda bayi lahir yang tidak sehat, jika bayi anda memiliki berat badan di bawah 2500 gram maka akan dirawat di ruang khusus rumah sakit.

Itulah 5 tanda yang menunjukkan bayi anda lahir dengan sehat. Pastikan cek 5 tanda tersebut segera setelah bayi anda dilahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *