6 Sumber Makanan Peningkat Kecerdasan Anak

6 Sumber Makanan Peningkat Kecerdasan AnakMemiliki anak yang cerdas merupakan keinginan semua orang tua. Sehingga semua orang tua berusaha memenuhi kebutuhan anaknya agar menjadi anak cerdas. Salah satu komponen penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan memastikan makanan yang ia konsumsi.

Makanan menjadi perhatian atau komponen penting dalam meningkatkan kecerdasan anak karena di dalam makanan yang anak anda konsumsi mengandung berbagai zat gizi yang berperan meningkatkan kecerdasan anak.

Agar makanan yang anak anda konsumsi tepat atau bisa meningkatkan kecerdasan otaknya, pastikan anda memberikan makanan yang berasal dari 7 sumber makanan peningkat kecerdasan anak berikut ini:

1. Kolin
Kolin merupakan salah satu zat gizi yang sudah banyak diketahui manfaatnya dalam meningkatkan kecerdasan anak. Kolin akan berfungsi meningkatkan memori otak dan membentuk membran sel untuk penyampaian sinyal di dalam sistem saraf sehingga anak yang mengonsumsi kolin cenderung mudah belajar dan daya ingatnya bagus. Anda bisa menemukan kolin pada kacang kedelai, susu, telur, hati, kol, dan kacang tanah. Dalam sehari anak membutuhkan kolin sebanyak 200 sampai 375 mg.

2. Asam lemak omega 6 dan DHA
DHA atau turunan dari asam lemak omega 3 dan juga omega 6 merupakan sumber makanan yang menjadi komponen utama dalam pembentukan otak. DHA berperan dalam meningkatkan kecerdasan otak sebagai pembentuk jaringan saraf, perkembangan sensori, kognitif, dan sistem saraf motorik selama masa pertumbuhan otak. Anda bisa menemukan DHA pada ikan, bayam, dan susu. Sedangkan asam lemak omega 6 berperan dalam mencegah terjadinya kerusakan membran sel pada otak. Temukan omega 6 pada sayuran, minyak ikan dan minyak dari biji-bijian.

3. Zat besi
Selain asam lemak, zat besi juga dibutuhkan anak dalam meningkatkan kecerdasan otak. Zat besi berfungsi untuk membantu anak tetap berenergi dan berkonsentrasi saat belajar. Mudah sekali untuk menemukan zat besi pada makanan yaitu pada sayuran hijau, daging-dagingan seperti daging sapi dan ayam, serta serealia.

4. Yodium
Yodium berfungsi untuk menjalankan fungsi otak, sehingga anak membutuhkan konsumsi yodium agar membantu aktivitas belajarnya. Dalam satu hari anak membutuhkan asupan yodium sebanyak 90-120 mg yang tentunya bisa didapatkan dari makanan seperti ikan, udang dan kerang.

5. Seng
Selain kolin, ada juga seng yang merupakan zat gizi yang dapat meningkatkan daya ingat anak. Anda bisa menemukan makanan dengan kandungan seng seperti daging, hati, kerang, telur, serealia dan kacang-kacangan.

6. Vitamin B6 dan B12
Vitamin B6 dan B12 memiliki fungsinya masing-masing dalam meningkatkan kecerdasan anak. Vitamin B6 yang bisa anda dapatkan dari ikan tuna dan telur ini berfungsi membantu meningkatkan memori dan kemampuan otak dalam memproses informasi. Sedangkan vitamin B12 berfungsi memperbaiki serat saraf otak dan menjaga kadar homocysteine dalam darah tetap sehat. Anda bisa menemukan vitamin B12 pada daging sapi, kerang, ikan dan hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *