Anak Sering Rewel Saat Makan? Ini Solusinya

Anak Sering Rewel Saat MakanMemberi makan pada anak memang menjadi masalah besar bagi anda, sebab ada anak yang susah atau bahkan rewel ketika diberi makan, dan akhirnya makanan tidak dihabiskan tapi menangis. Padahal kecukupan nutrisi saat masa anak-anak itu sangat penting bagi kesehatan perkembangan dan pertumbuhan tubuhnya. Anak anda bisa saja sakit karena asupan nutrisi yang tidak adekuat. Tentunya hal tersebut berbahaya bagi anak anda.

Untuk menghindari bahaya dari nutrisi anak yang tidak tercukupi tentunya anda harus mencari cara agar anak mau makan. Mencari cara yang tepat untuk membuat anak tetap makan meski rewel memang susah, tapi anda jangan khawatir. Berikut solusi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi anak yang rewel saat makan :

1. Sediakan porsi yang kecil
Agar makanan tetap dimakan anak saat rewel, sebaiknya sediakan makanan dalam porsi kecil atau sesuai dengan kebutuhan anak. Yang terpenting dalam satu porsi makanan tersebut mengandung nutrisi yang seimbang, karena porsi yang terlalu besar akan membuat anak kesulitan menghabiskan makanan dan bahkan membuatnya tidak ingin makan. Keuntungan lain anda juga tidak perlu membuang sisa makanan jika anak anda tidak bisa menghabiskan karena porsi yang diberikan sesuai.

2. Berikan menu yang beragam
Memberikan menu makanan yang monoton akan membuat anak anda bosan dan akhirnya rewel tidak mau makan. Untuk itu anda perlu memberi makanan yang beragam seperti membentuk makanan berbeda-beda ada yang berbentuk bunga, nasi seperti karakter panda dan lain sebagainya. Sehingga anak akan tertarik untuk mencoba, jadi nutrisinya tercukupi.

3. Batasi junk food
Saat rewel terhadap menu makanan yang anda sajikan, membuat anak sering meminta makanan yang tidak sehat seperti makanan junk food atau siap saji yang tentunya tidak baik untuk kesehatannya. Untuk menghindari kebiasaan ini, anda bisa mengajak anak untuk membuat cemilan di rumah seperti ubi goreng dan kentang goreng. Dengan cara seperti ini biasanya membuat anak tertarik dan akhirnya mau makan makanan rumah yang salah satunya dimasak sendiri.

4. Batasi susu
Selain membatasi junk food, anda juga perlu membatasi konsumsi susu pada anak agar tidak rewel saat makan. Membatasi artinya bukan berhenti minum susu, anak anda masih boleh minum susu namun jumlah dikurangi yaitu sekitar 400 sampai 450 ml per hari. Dengan membatasi minum susu, anda bisa lebih banyak memberikan makanan padat pada anak.

5. Nikmati makanan bersama keluarga
Tanpa anda sadari, memberi makan anak pada waktu yang terpisah dengan orang tua ternyata dapat mempengaruhi anak susah saat makan. Oleh karena itu sebaiknya beri makan anak bersamaan dengan waktu makan anda. Makan bersama akan meningkatkan nafsu makan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *