Atasi Cacar Air Pada Anak dengan 4 Cara Ini

Atasi Cacar Air Pada Anak dengan 4 Cara Ini
Anak-anak adalah usia terbanyak yang diserang oleh penyakit yang disebabkan virus Varicella Zoster atau disebut dengan cacar air. Oleh karena itu, bagi anda yang punya anak khususnya usia di bawah 10 tahun termasuk bayi harus berhati-hati karena bisa saja sewaktu-waktu anak anda mengalami cacar air. Hal itu karena kita ketahui bahwa cacar air akan dialami siapa saja sekali dalam hidupnya. Jadi mengetahui pertolongan pertama yang bisa dilakukan di rumah saat anak terkena cacar air juga penting.

Untuk mengatasi cacar air di rumah, anda bisa melakukan pertolongan atau cara-cara berikut ini:

1. Obati demam
Saat mengalami cacar air akan disertai adanya demam tinggi. Jadi anda juga perlu mengatasi demam yang anak anda rasakan. Untuk mengatasi demam anda bisa memberikan obat penurun panas. Banyak sekali obat penurun demam yang bisa anda gunakan, tapi bagi anak yang terkena cacar air sebaiknya gunakan acetaminophen agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

2. Berendam air dingin dan makan makanan dingin
Mengapa saat anak terkena cacar air disarankan berendam air dingin? Tujuannya adalah untuk meringankan rasa gatal dan kemerahan pada kulit akibat cacar. Berendamlah pada air dingin selama 10 menit setiap 4 jam pada beberapa hari pertama terkena cacar air. Sedangkan makan makanan dingin dianjurkan untuk meredakan rasa panas yang timbul karena cacar air pada selaput mukosa seperti di mulut.

3. Cegah anak menggaruk daerah cacar air
Peran orang tua dalam mencegah anak menggaruk daerah kulit yang terkena cacar air ini penting, karena dengan menggaruk biasanya akan menyebarkan cacar ke daerah kulit yang belum terkena cacar dan juga dapat menyebabkan infeksi bakteri. Namun dapat dipungkiri bahwa susah untuk tidak menggaruk cacar air karena gatalnya yang luar biasa. Agar mengurangi infeksi bakteri karena digaruk, anda bisa membantu anak dengan menggunting kuku dan selalu mencuci tangan dengan sabun.

4. Istirahatkan anak di rumah
Seperti yang kita ketahui bahwa cacar air bisa menular pada anak lain dalam 48 jam sampai lima hari pertama, jadi salah satu cara untuk mengatasi penularan adalah dengan mengistirahatkan anak kurang lebih satu minggu di rumah. Setelah itu anak boleh beraktivitas seperti biasanya atau bermain dengan anak-anak yang lain karena tidak akan menularkan cacar air. Selain mencegah penularan, karantina di rumah juga bermanfaat menghindarkan anak dari paparan sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan penyebaran cacar air pada kulit yang terkena sinar matahari.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan di rumah jika anak terkena cacar air. Jika ada tanda-tanda cacar air semakin parah, atau tidak teratasi dengan cara di atas maka sebaiknya segera periksakan anak ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *