Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Hipertermi atau demam adalah keadaan dimana suhu tubuh berada atau lebih tinggi dari suhu normal tubuh atau di atas 36.5 derajat celcius. Hipertermi ini merupakan salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh bayi.

Demam ada 3 jenisnya yaitu demam ringan dengan suhu badan sekitar 37-37.5 derajat celcius, demam sedang 38- 38.5 derajat celcius dan demam tinggi yaitu suhu tubuh yang mencapai lebih dari 39 derajat celcius.

Demam pada bayi sebenarnya bisa dikatakan hal yang normal, karena demam tersebut merupakan reaksi tubuh saat terkena serangan virus atau penyakit. Saat tubuh diserang virus maka akan membuat sistem pertahanan, dalam prosesnya akan memunculkan adanya peningkatan suhu badan pada bayi. Meski normal, tapi anda jangan menganggap remeh demam pada bayi.

Demam pada bayi tidak boleh diremehkan karena dapat berbahaya bagi bayi. Meski merupakan respon normal, demam yang dibiarkan dapat menyebankan bayi anda mengalami kejang. Oleh karena itu, agar tidak sampai tahap kejang, anda harus melakukan cara untuk menurunkan demam bayi.

Untuk mengatasi demam pada bayi, anda bisa melakukan cara-cara berikut ini:

  1. Tenang dan berikan obat yang sesuai

Saat demam anak cenderung rewel sehingga orang tua menjadi panik dan khawatir ada yang salah pada tubuh bayinya. Alhasil kadang lupa untuk menangani demam karena fokus pasa rewelnya bayi. Untuk itu anda sebaiknya tenang dan berikan obat sesuai dengan yang dibutuhkan bayi. Jika bayi anda berusia dibawah 1 tahun maka anda bisa memberikan obat penurun panas, dan jika di atas 1 tahun maka anda bisa memberikan kompres hangat pada bayi anda.

2. Beri air putih

Usahakan bayi anda untuk minum air putih yang banyak atau berikan ASI juga boleh. Namun saat memberikan air atau ASI jangan memaksa karena bayi kalau tidak mau akan semakin rewel.

3. Pergi ke dokter

Setelah mencoba menangani demam bayi anda menggunakan obat penurun panas atau kompres hangat dan kurang efektif untuk menurunkan suhu tubuh, maka anda sebaiknya pergi ke dokter agar bayi mendapatkan perawatan yang benar. Ada beberapa kriteria yang mengharuskan anda harus membawa anak ke dokter saat demam yaitu demam tinggi dialami bayi dengan usia kurang dari 3 bulan, demam tidak turun setelah diberi perawatan di rumah, ruam di area lutut dan tumit, bayi mengalami kram (dapat dilihat dari posisi bayi saat berbaring tidak normal), serta demam tak kunjung sembuh meski diberi perawatan selama dua hari. Saat ke dokter anda juga perlu melaporkan obat yang telah dikonsumsi bayi sebelum dibawa ke dokter karena bisa jadi obat yang telah dikonsumsi mempengaruhi perawatan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *