Cara Menggendong Bayi Baru Lahir dengan Benar

Cara Menggendong Bayi Baru Lahir dengan Benar
Kehadiran seorang bayi di dalam keluarga merupakan anugerah yang sungguh luar biasa. Apalagi bagi pasangan ayah dan ibu yang baru saja menikah. Kehadiran bayi akan melengkapi keharmonisan rumah tangga.

Saat bayi baru lahir, keinginan untuk terus dekat dan berinteraksi anda dengan bayi pasti tinggi, jadi anda ingin terus menggendongnya karena ia masih belum bisa berjalan. Namun saat menggendong bayi anda perlu hati-hati. Jika cara menggendong salah, maka justru akan membahayakan bayi anda.

Salah satu bahaya yang dapat terjadi ketika ada kesalahan dalam menggendong bayi baru lahir adalah hip dysplasia. Hip dysplasia adalah keadaan dimana bentuk persendian antara pinggul dengan ujung tulang paha bayi tidak normal, akibatnya akan terjadi dislokasi pada bagian tersebut. Oleh karena itu, agar tidak terjadi hip dysplasia pada bayi anda, anda perlu mempelajari cara menggendong bayi baru lahir yang benar.

Berikut cara menggendong bayi baru lahir dengan benar :

1. Sandarkan kepala bayi ke bahu anda
Langkah pertama yang anda lakukan untuk menggendong bayi baru lahir adalah menyandarkan kepalanya ke bahu anda, boleh bahu sebelah kanan atau kiri. Saat meletakkan kepalanya di bahu, anda harus memastikan bahwa pandangan bayi menghadap ke belakang. Kemudian, posisikan tangan Anda di bagian belakang kepala dan leher bayi. Sedangkan tangan lainya digunakan untuk menopang pangkal paha bayi.

2. Posisi menimang
Posisi menimang juga aman digunakan untuk menggendong bayi yang baru lahir. Caranya yaitu dengan meletakkan kepala bayi di bagian lekuk lengan kanan atau kiri. Kemudian, topang pangkal paha si kecil menggunakan tangan lainnya. Posjsj ini biasanya juga digunakan ibu saat menyusui bayinya.

3. Gendong bayi dengan bertatap muka
Cara ketiga yang bisa anda gunakan untuk menggendong bayi baru lahir adalah dengan teknik gendong bertatap muka. Caranya yaitu topang kepala dan leher bayi menggunakan tangan kanan, dengan mengarahkan wajah bayi ke arah anda sehingga matanya akan bertatapan dengan anda. Tangan kiri anda bisa digunakan untuk menyanggah tubuh bayi.

4. Gunakan selempang bayi
Jika dengan cara di atas masih membuat anda khawatir, anda bisa menggunakan selempang bayi untuk menggendong bayi baru lahir karena selempang bayi akan menopang tubuh bayi dengan baik. Selempang bayi sekarang sangat mudah didapatkan, tapi anda harus memastikan selempang bayi yang anda gunakan memiliki ikatan kuat dan tidak mudah robek. Bayi harus digendong dengan posisi kepala menghadap ke arah dada anda jika menggunakan selempang bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *