Ketahui Kapan dan Cara Penularan Cacar Air Pada Anak

Ketahui Kapan dan Cara Penularan Cacar Air Pada Anak
Cacar air adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi primer dari virus Varicella Zoster. Cacar air bisa menyerang siapa saja mulai dari bayi hingga orang dewasa. Namun, 90 persen kasus cacar air lebih banyak terjadi pada anak rata-rata di bawah usia sepuluh tahun.

Pada anak yang terkena cacar air biasanya akan menunjukkan adanya ruam pada kulit. Tetapi sebenarnya sebelum muncul ruam pada kulit, ada tanda dan gejala awal yang dialami hingga mencapai masa tunas atau masa munculnya ruam.

Gejala awal yang ditunjukkan meliputi demam ringan, sakit kepala, tenggorokan sakit, yang disertai dengan rasa lemas selama satu sampai tiga hari. Gejala awal ini bisa terasa ringan atau berat bergantung dengan usia anak saat mengalami cacar air pertama kalinya.

Setelah gejala awal selesai dirasa hingga maksimal 3 hari, anak akan mulai merasakan masa prodomal (awal) dari cacar air yaitu munculnya ruam yang menyebar dari wajah, lengan bahkan ke tungkai. Ruam tersebut akan terlihat seperti bintik merah yang berisi cairan jernih, dan lama kelamaan cacar air tersebut akan mengering atau mengelupas dan menjadi koreng.

Luka cacar air bisa membekas jika anak sering menggaruknya, sehingga hindari menggaruk cacar air agar tidak membekas pada kulit. Munculnya ruam akan disertai dengan demam yang lebih tinggi dari demam yang dirasakan saat gejala awal. Selain ruam pada kulit, cacar air juga bisa muncul pada mulut atau bagian selaput mukosa lain pada tubuh.

Setelah muncul ruam, lalu kapan seorang anak bisa menularkan cacar air pada anak lain? Serta bagaimana caranya?

Waktu penularan cacar air

Jika ada teman dari anak anda yang mengalami cacar air maka anda perlu menjaga anak agar tidak tertular oleh temannya, apalagi jika anak anda belum pernah mengalami cacar air maka risiko tertular akan lebih tinggi. Untuk melakukan pencegahan anda juga harus mengetahui waktu atau kapan cacar air bisa menular sehingga dalam waktu itu anak anda bisa dijauhkan dulu dari anak yang terkena cacar air.

Umumnya setelah seorang anak mengalami cacar air atau bahkan 48 jam sebelum muncul ruam hingga 5 hari lamanya sudah bisa menularkan cacar air pada anak yang lain. Jadi selain anak lain menghindari anak dengan cacar air, sebaiknya justru anak dengan cacar air berdiam dulu di rumah selama lima hari agar mencegah penularan.

Cara penularan cacar air

Selain waktu penularan, anda juga harus mengetahui bagaimana cara penularan dari cacar air. Cacar air bisa menular dengan tiga cara yaitu melalui udara, kontak langsung dengan cairan ruam dan kontak dengan benda yang terkontaminasi ruam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *