Mengenal dan Pertolongan Pertama Pada Anak Yang Tersedak

Mengenal dan Pertolongan Pertama Pada Anak Yang Tersedak

Tersedak adalah kejadian masuknya benda asing seperti makanan atau minuman ke dalam jalan nafas sehingga seseorang akan mengalami kesulitan untuk bernafas. Hal itu biasanya terjadi karena anda merasa kesulitan untuk menelan atau bahkan mengeluarkan benda tersebut dari jalan nafas anda.

Tersedak dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Seperti tersedak bakso atau permen pada anak-anak. Mungkin terdengar sepele, namun apabila dibiarkan atau tidak diberi pertolongan yang tepat dan cepat, tersedak mampu mengakibatkan kematian. Kematian terjadi karena tersedak dapat menghalangi suplai oksigen kedalam otak, dimana otak akan terganggu fungsi kerjanya maka terjadilah kematian.
Kejadian tersedak pada orang dewasa mungkin tidak terlalu mengkhawatirkan karena dapat meminta tolong pada orang sekitar di tempat kejadian. Lalu bagaimana apabila terjadi pada anak-anak? Tentu mereka akan bingung bahkan diam karena kesulitan untuk berbicara dan orang tua tidak akan mengetahui apakah anak-anak tersebut mengalami tersedak. Oleh karena itu orang tua perlu mengetahui tanda-tanda tersedak pada anak-anak.

Berikut beberapa tanda-tanda yang terlihat pada anak yang mengalamai tersedak:
1. Batuk-batuk atau muntah
Batuk yang terjadi akibat tersedak biasanya karena adanya reflek terhadap lendir atau dahak yang mengumpul di tenggorokan yang akan menganggu kenyamanan, oleh karena itu tubuh mencoba menghilangkannya dengan reflek batuk.

2. Perubahan pola nafas
Karena masuknya benda asing ke dalam jalan nafas anak, tentunya akan menghalangi proses bernafas dan merubah pola nafas. Pada anak yang tersedak perubahan pola nafas ditandai dengan sesak nafas dan terdengar bunyi nafas whezing (mengi).

3. Memegang Leher
Reflek memegang leher ketika anak tersedak biasanya memberikan isyarat kepada orang tua karena lehernya sakit atau susah bernafas dan adanya benda asing dalam tenggorokan.
Setelah mengetahui tanda-tanda tersedak pada anak, Anda bisa memberikan pertolongan pertama sebelum anak anda dirujuk ke rumah sakit, langkah-langkahnya di bawah ini:
Untuk posisi anak yang berdiri atau duduk dapat dilakukan :
1. Posisikan tubuh anda atau orang tua dibelakang anak
2. Menempatkan lengan anda dibawah ketiak anak, dan melingkari tubuh anak
3. Menempatkan tangan anda melawan atau berlawanan dengan perut anak, sedikit di bawah pusar dan di bawah ujung tulang dada (prosesus xipoideus)
4. Melakukan dorongan ke atas sampai benda asing keluar

Apabila posisi anak terlentang maka dapat dilakukan dengan cara:
1. Posisikan tubuh anda berlutut di samping anak atau mengangkangi paha anak.
2. Tempatkan lengan anda di atas pusar dan di bawah ujung tulang dada (prosesus xipoideus)
3. Lakukan dorongan dengan cepat, dengan arah menuju tengah-tengah dan tidak diarahkan ke sisi perut
4. Jika benda asing terlihat, keluarkan dengan menggunakan sapuan jari tangan.

Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan jika anak dalam keadaan sadar. Apabila anak tidak sadar atau pingsan maka segera bawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.
Itulah cara pertolongan pertama tersedak pada anak. Semoga informasi ini berguna untuk menolong anak anda yang mengalami tersedak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *