Tips Perawatan Tali Pusat Bayi Agar Cepat Kering

Tips Perawatan Tali Pusat  Bayi Agar Cepat Kering
Saat dalam kandungan tali pusat digunakan oleh bayi sebagai perantara ia untuk menerima makanan dan oksigen dari ibunya. Namun, setelah bayi lahir tali pusat akan dipotong kira-kira 2-3 cm karena sudah tidak diperlukan lagi oleh bayi. Setelah dipotong sepanjang itu, biasanya lama kelamaan tali pusat akan mengering dan lepas dengan sendirinya selama 1-3 minggu.

Perawatan tali pusat pada bayi bisa dibilang gampang dan juga susah. Jika tahu cara penanganan yang benar maka perawatan tali pusat menjadi mudah. Tapi jika yang merawat tidak tahu cara yang benar, maka yang terjadi justru tali pusat tak kunjung kering namun menjadi bermasalah seperti mengalami infeksi dan lain-lain. Untuk itu anda perlu tahu cara yang benar untuk merawat tali pusat bayi agar cepat kering.

Untuk melakukan perawatan tali pusat yang cepat kering, anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini :

1. Selalu jaga kebersihan tali pusat bayi
Menjaga kebersihan area tali pusat juga penting perannya dalam mempercepat proses mengeringnya tali pusat. Ada beberapa kebiasaan yang harus anda lakukan agar area tali pusat bayi bersih dan cepat kering seperti selalu cuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh atau membersihkan tali pusat, sebab tangan yang kotor akan menjadi perantara kuman untuk menginfeksi tali pusat bayi yang masih lembab. Selain itu, saat memandikan bayi juga jangan terlalu lama karena akan membuat tali pusat bayi basah.

2. Rajin ganti kassa yang membalut tali pusat bayi
Menganti kain kassa dengan teratur juga akan membantu proses pengeringan tali pusat. Anda harus mengganti kassa pembalut tali pusat setidaknya setiap anda selesai memandikan bayi. Akan lebih baik lagi jika saat bayi mengompol atau area tali pusat terkena cairan lain anda juga mengganti kain kassa karena juga berisiko untuk tumbuhnya kuman yang justru akan memperlambat proses keringnya tali pusat.

3. Hindari penggunaan salep
Anda mungkin pernah mendengar anjuran untuk menggunakan salep atau obat obatan agar tali pusat bayi cepat mengering. Namun sebaiknya hindari cara tersebut jika anda memberikan salep atau obat pada area tali pusat bayi tanpa ijin dari dokter.

4. Konsultasi ke dokter saat terjadi infeksi
Saat merawat tali pusat bisa jadi tiba tiba terjadi reaksi infeksi. Jika muncul tanda-tanda infeksi seperti munculnya nanah disekitar tali pusat disertai adanya demam pada tubuhnya, lemah, lesu dan selalu rewel, tidak mau minum ASI atau susu, tali pusar agak kemerahan dan agak sedikit membengkak, bayi juga akan sering menangis tak henti-henti, tali pusatnya juga akan berbau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *