Begini Cara Mudah Melakukan Terapi Stroke di Rumah

Begini Cara Mudah Melakukan Terapi Stroke di Rumah

Stroke merupakan penyakit yang dapat membuat penderitanya kesulitan untuk berbicara, bergerak dan berjalan. Hal tersebut dapat terjadi lantaran pembuluh darah di otak pecah atau terjadinya penyumbatan pembuluh darah di otak yang menyebabkan otak tidak memperoleh suplai oksigen yang cukup. Untuk menyembuhkan penyakit stroke sendiri, dibutuhkan waktu yang tidak singkat dan harus melakukan beberapa perawatan guna fungsi otak dapat diperbaiki kembali. Meskipun hasil akhir perawatan tidak membuahkan hasil yang serupa dengan kondisi tubuh sebelumnya, perawatan atau terapi stroke harus dilakukan secara rutin dan sebaik mungkin. Dengan terapi tersebut, fungsi otak setidaknya dapat membaik dan membuat penderitanya dapat beraktifitas kembali. Tidak hanya dapat dilakukan di rumah sakit, terapi stroke juga dapat dilakukan di rumah. Terapi stroke di rumah dipilih karena penderita tidak harus menghabiskan waktunya untuk pergi ke rumah sakit.

Meskipun terapi stroke dapat dilakukan di rumah, penderita stroke tidak boleh melakukan perawatan secara pribadi tanpa campur tangan ahli atau terapis. Dengan panduan terapis stroke, terapi stroke nantinya akan membuahkan hasil yang dilakukan. Untuk mengetahui langkah apa saja yang dapat dilakukan ketika menjalankan terapi stroke di rumah, simak penjelasannya di bawah ini:

  • Melatih pergerakan anggota tubuh merupakan langkah pertama yang dapat dilakukan penderita stroke ketika menjalankan terapi di rumah. Latihan pergerakan tubuh dapat dimulai dengan menggerakkan bahu, jari, pergelangan tangan dan kaki, lutut dan siku. Ketika melakukan langkah ini, penderita stroke tidak boleh memaksakan tubuh untuk bergerak. Ketika penderita stroke merasa kesulitan untuk bergerak, minta salah satu anggota keluarga untuk membantu.
  • Jika latihan menggerakkan anggota badan membuahkan hasil, langkah selanjutnya adalah melakukan pergerakan anggota tubuh yang lebih berat. Berjalan dengan menggunakan alat bantu menjadi jenis terapi yang dapat dilakukan di rumah. Sama halnya dengan langkah pertama, langkah kedua ini juga tidak boleh dilakukan dengan paksaan.
  • Langkah ketiga yang dapat dilakukan oleh penderita stroke adalah dengan menambahkan beban ketika bergerak. Mengambil dan mengangkat benda secara perlahan merupakan salah satu contoh terapi yang dapat dilakukan. Beban yang diangkat tidak boleh memiliki berat yang berlebih dan disesuaikan dengan kemampuan. Beban dapat ditambahkan jika penderita stroke dapat bergerak dengan lebih baik.

Melatih koordinasi pergerakan antar otot menjadi langkah selanjutnya yang dapat membantu penderita stroke agar dapat bergerak kembali. Latihan tersebut dilakukan guna menyesuaikan pergerakan tubuh dengan perintah otak. Melatih pergerakan otot sangat penting dilakukan agar penderita stroke dapat sembuh dengan baik. Untuk melatih pergerakan antar otot, penderita stroke dapat melakukan pergerakan pada tumit kaki, meletakkan tumit kaki ke kaki yang lain dan melatih pergerakan dengan memanfaatkan bola. Terapi stroke di rumah yang lain adalah dengan melatih keseimbangan tubuh. Keseimbangan tubuh dapat dilakukan dengan cara bergerak atau pergerakan lainnya yang dapat membantu melatih keseimbangan tubuh. Jika kesemua langkah terapi tersebut dilakukan di rumah dengan baik dan benar, penderita stroke dapat beraktifitas seperti sedia kala. Selain melakukan terapi di rumah, penderita stroke harus rajin mengkonsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter. Jika penderita stroke ingin menghindari efek samping yang membahayakan, penderita stroke dapat mengkonsumsi obat-obatan herbal. Itulah beberapa penjelasan mengenai langkah terapi yang dapat dilakukan di rumah. Semoga penderita stroke merasa terbantu dengan penjelasan mengenai langkah terapi atau rehabilitasi stroke di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *