Fisioterapi ke Rumah Memudahkan Pasien

Fisioterapi ke Rumah Memudahkan Pasien

Sakit bisa saja datang kapan saja tanpa memandang bulu maupun status. Ada berbagai penyakit yang membuat orang tidak bisa beraktifitas dengan baik, seperti sakit tulang, sendi maupun otot. Walaupun penyakit mereka sudah sembuh, tetapi masih dibutuhkan terapi agar bagian tubuh mereka bergerak maksimal seperti dahulu. Fisioterapi sangat dibutuhkan bagi mereka yang mengalami masalah pada gerak fisik. Ada banyak manfaat yang bisa dipetik dengan melakukan fisioterapi, di antaranya adalah mampu mengurangi resiko terluka dikemudian hari. Terapi dilakukan oleh orang-orang yang professional, sehingga anda harus pergi ke Rumah Sakit jika ingin mendapatkan terapi. Tetapi di zaman sekarang anda juga bisa mengundang fisioterapi ke rumah anda. Terapi juga memiliki fungsi lainnya yang harus anda ketahui, seperti akan membantu masalah kesehatan pada tulang dan sendi. Sistem saraf atau otak akan bekerja lebih baik. Sirkulasi jantung juga akan lebih lancar setelah mendapatkan fisioterapi.

Fisioterapi tidak bisa dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh orang-orang yang professional dalam bidang terapi. Anda bisa menggunakan fisioterapi di rumah sakit, orang yang ahli dalam bidang operasi dan ahli bedah, serta fisioterapi yang ahli dalam bidang olahraga. Jika anda malas untuk melakukan terapi di Rumah Sakit atau tempat lain, maka anda bisa mengundang fisioterapi ke rumah anda. Adapun hal-hal yang harus dilakukan oleh fisioterapi adalah harus melakukan edukasi dan saran terlebih dahulu. Seorang ahli dalam fisioterapi harus memberikan saran secara mendetail, juga harus tahu semua masalah yang sedang anda hadapi. Dengan begitu maka fisioterapi bisa memberikan saran dengan tepat apa yang harus pasien lakukan. Hidup dengan pola yang sehat juga harus dilakukan oleh pasien, karena akan membantu dalam penyembuhan penyakit yang diderita. Berikut ini adalah macam-macam fisioterapi yang harus anda ketahui :

  • Terapi latihan

Terapi latihan harus dilakukan setelah anda mengalami masalah sendi, tulang atau lainnya yang berhubungan dengan pergerakan. Fungsi dari terapi latihan adalah mengembalikan fungsi dari pergerakan agar normal seperti semula. Untuk kasus anak-anak sering memberikan latihan seperti memegang dan menggerakkan tangan dan kakinya. Latihan akan dilakukan secara bertahap sedikit demi sedikit. Setiap hari akan diberikan tambahan porsi yang akan membuat perkembangan gerak semakin maju. Latihan ini bertujuan untuk mempertahankan kekuatan otot dan mempertahankan kemampuan fungsional agar sendi tidak kaku.

  • Terapi pemanasan

Terapi jenis ini adalah terapi yang memanfaatkan kekuatan panas yang ada pada otot dan kulit. Terapi jenis ini akan dilakukan dengan menyesuaikan hasil diagnosis masalah pasien. Terapi pemasan ini biasanya dilakukan dengan melakukan terapi lain.

  • Terapi listrik

Untuk terapi listrik adalah terapi yang menggunakan aliran listrik. Biasanya banyak dipilih bagi pasien yang memiliki kelemahan otot akibat patah tulang atau kerusakan saraf otot. Terapi ini biasa dilakukan untuk mempertahankan massa otot untuk merangsang regenerasi saraf.Terapi listrik ini juga sering dilakukan oleh pasien anak yang menderita gangguan pada pernafasan.

  • Terapi Dingin

Terapi dingin digunakan bagi orang yang memiliki cidera yang masih akut. Sering juga digunakan bagi orang yang mengalami memar dan bengkak. Maka tidak heran jika kita jatuh banyak orang yang akan menolong kita dengan mengompres menggunakan kain dan air dingin.

Dan masih banyak lagi jenis-jenis fisioterapi yang bisa dipilih untuk menyembuhkan masalah pada otot maupun sendi. Selain pergi ke rumah sakit anda juga bisa mengundang fisioterapi ke rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *