Langkah-langkah Fisioterapi Bahu

Langkah-langkah Fisioterapi Bahu

Bagian bahu adalah bagian yang sangat penting, sendi bahu memiliki mobilitas yang sangat tinggi. karakter dari sendi bahu adalah ball and socket, sehingga gerakan pada bahu bisa terjadi dengan gerak ruang yang luas. Di sekitar wilayah sendi bahu terdapat jaringan yang memiliki manfaat untuk mempertahankan posisi [persendian agar tetap pada tempatnya. Jaringan tersebut dikenal dengan nama kapsul sendi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan nyeri pada bahu, di antaranya adalah nyeri bahu yang terjadi di area terkecil, sehingga nyeri bahu tersebut lebih spesifik pada gerakan-gerakan tertentu.

Penyebab nyeri pada bahu bisa juga diakibatkan oleh kondisi umum seperti peradangan sendi dan gangguan yang terjadi di leher juga punggung yang akan dirasakan hingga ke sendi bahu. Keberadaan sendi bahu sangat penting, oleh sebab itu jika ada hal-hal yang membuat bahu anda bermasalah maka segera lakukan fisioterapi bahu. Dengan melakukan fisioterapi maka bahu anda akan segera sembuh, jika ada sendi bahu yang tidak ada tempatnya maka segera dibetulkan pada posisi tertentu. Selain membantu menyembuhkan masalah pada bahu, fisioterapi juga bisa menyembuhkan masalah sendi pada bagian-bagian tubuh lainnya.

Ada banyak sekali jenis fisioterapi yang bisa dilakukan. Ada fisioterapi untuk menyembuhkan pasca stroke, fisioterapi sakit pinggang, saraf kejepit dan ada juga fisioterapi untuk bahu. Berikut ini adalah fisioterapi bahu dan hal lainnya yang harus anda ketahui agar segera sembuh dari nyeri bahu :

  • Fisioterapi nyeri bahu

Seandainya jika nyeri bahu akan membuat aktifitas lengan dan bahu bermasalah maka anda harus melakukan fisioterapi.  Anda harus melakukan fisoterapi berupa asesman. Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu penyebab nyeri yang anda derita. Apakah nyeri pada bahu akibat tendon, sendi atau pada otot. Jika sudah tahu penyebab nyeri maka langkah selanjutnya adalah mengatur nyeri dan meningkatkan kekuatan otot. Orang yang ahli dalam bidang fisioterapi akan melakukan berbagai kombinasi tindakan terapi untuk mengatasi nyeri pada bahu.

  • Latihan dan istirahat

Selain melakukan fisioterapi, anda juga harus menyeimbangkan antara latihan dan istirahat. Sebaiknya latihan juga harus dilakukan dengan cara bertahap dan terukur. Setiap hari harus ada peningkatan secara teratur sehingga peningkatan gerakan sendi bahu bisa berjalan dengan baik. Selain latihan penting juga memperhatikan istirahat. Jangan terlalu menekan bahu untuk bekerja keras, namun jangan pula mendiamkan bahu. Anda harus menyeimbangkan antara istirahat dan bergerak.

Adapun latihan Fisioterapi bahu yang bisa dilakukan untuk kesembuhan nyeri bahu antara lain pendulum exercises, yaitu berdiri dengan tangan yang sehat, anda bisa memegang kursi. biarkan saja lengan yang sakit menggantung ke bawah. Ayunlah tangan anda secara berlahan ke depan den belakang dan jangan lupa lakukan gerakan memutar. Ulangi gerakan tersebut hingga 10 kali, lakukan juga 2 hingga 3 kali dalam satu hari. Latihan selanjutnya ada mobilitas bahu, yaitu berdiri tegak dengan mengangkat ke dua bahu ke atasm, tahan hingga 5 detik. Tarik ke dua bahu kebelakang dan tahan juga selama 5 detik. Tarik ke dua bahu ke bawah dan tahan 5 detik. Lakukan gerakan tersebut hingga 10 kali.

Lakukan 2 hingga 3 kali dalam satu hari. Latihan lainnya yang bisa dicoba adalah Door lean, yaitu berdiri di pjntu dan rentangkan kedua lengan pada sisi pintu. Condongkan kepala dan badan ke depan hingga terasa tarikan di kedua bahu pada bagian depan. Tahan posisi ini 15 hingga 30 detik. Lakukan 3 kali dalam satu hari. Latihan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah Door press, yaitu berdiri tegak di pintu dengan posisi siku tangan ditekuk 90 derajat. Tahan hingga 5 detik dan lakukan berulang hingga 10 set. Anda juga bisa menggunakan lengan yang berlawanan dengan posisi bahu tegak luruus dan juga telapak tangan yang mendorong sisi pintu. Ulangi gerakan ini hingga 10 kali pengulangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *