Macam-macam Fisioterapi Sakit Pinggang

Macam-macam Fisioterapi Sakit Pinggang

Sakit pinggang dikenal juga dengan nama Lumbago. Sakit pinggang bisa menyerang siapa saja baik usia muda maupun usia tua. Sering sekali sakit pinggang akan terasa jika seseorang duduk terlalu lama, akibat mengangkat beban yang berat dan bisa juga akibat dari lama berdiri. Pada awalnya sakit pinggang hanya terasa pegal, namun lama kelamaan sakit akan semakin parah dan sulit bergerak. Penyakit pinggang juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini, seperti gerakan tiba-tiba yang bisa menyebabkan sakit pinggang belakang, lemah otot, lemak, dan lain sebaigainya. Bagi anda yang menderita sakit pinggang, sebaiknya lakukan pengobatan segera. Fisioterapi sakit pinggang bisa anda coba untuk mendapatkan kesembuhan.

Umumnya sakit pinggang disebabkan oleh pekerjaan berlebihan, namun sakit pinggang juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu. Untuk penyakit pinggang kiri bisa disebabkan oleh IBS atau Irritable Bowel Syundrome. Akibat IBS maka fungsi pencernaan seseorang akan terganggu, penderita ini akan mengalami diareĀ  hingga sakit pada bagian perut dan pinggang. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya atur pola makan dengan benar. Sakit pinggang kiri juga bisa disebabkan oleh sakit batu ginjal, segera periksa ke dokter jika anda mengalami sakit pinggang dan muntah-muntah. Sakit pinggang di bagian kiri juga bisa dirasakan jika seseorang terkena otot kram. Adapun sakit pinggang sebelah kanan bisa saja diakibatkan karena gejala sakit ginjal, otot pinggang menengang, penyakit degenerative tulang belakang dan lumbar disc syndrome. Nyeri punggung atau pinggang dikenal juga dengan nama LBP atau low back pain. Penyakit ini sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Selain mengobati dengan pergi ke dokter, anda juga bisa menyembuhkannya dengan cara melakukan fisioterapi sakit pinggang. Anda bisa melakukan fisioterapi dengan pergi ke rumah sakit atau mendatangkannya langsung ke rumah. Berikut ini adalah heat therapy yang bisa anda ketahui :

  • Heat Therapy dengan SWD

Adalah terapi panas dengan penetrasi yang menggunakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 27,12 mhz. Dengan adanya terapi ini maka akan membuat peredaran darah lebih lancar. Terapi ini juga akan membuat kelelnturan jaringan lunak dan mengurangi spasme atau kekejangan otot.

  • Heat Therapy dengan Infrared

Adalah terapi yang menggunakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 770 nm hingga 106 nm. Fungsi dari terapi ini adalah memperlancar alirandarah juga spasme.

  • Heat Therapy dengan MWD

Terapi ini menggunakan gelombang mikro di dalam gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2456 MHz. Dengan terapy ini maka metabolism local akan menimbulkan vasodilatasi.

  • Ultrasound

Adalah terapi yang menggunakan gelombang suara yang tinggi, menggunakan frekuensi 1 hingga 3 Mhz. Dengan cara ini maka nyeri yang terjadi di daerah pinggang akan berkurang, juga bisa memperbaiki proses penyembuhan kolagen.

  • Transcutaneous Electricall Nerve Stimulation atau yang dikenal dengan nama TENS

Adalah terapi yang menggunakan energy listrik guna merangsang system saraf melalui permukaan kulit. Dengan menggunakan cara ini maka akan menghambat nyeri di tingkat sensori spinal dan juga supraspinal.

  • Traksi Lumbal

Merupakan alat fisioterapi yang menggunakan tenaga mekanik dengan tujuan untuk melonggarkan sendi juga jaringan lunak.

Ada juga fisioterapi sakit pinggang yang berupa exercise therapy yang menggunakan gerak tubuh secara aktif dan pasif. Therapy ini memiliki tujuan untuk memelihara dan memperbaiki mobilitas fleksibilitas dan fungsionall tubuh. Agar sakit pinggang anda segera sembuh, alangkah baiknya lakukan fisioterapi secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *