Teknik-teknik Fisioterapi Saraf Kejepit

Teknik-teknik Fisioterapi Saraf Kejepit

Fisioterapi sangat penting untuk dilakukan karena untuk mengembalikan fungsi bagian tubuh tertentu. Bagi anda yang memiliki saraf kejepit bisa diperbaiki dengan melakukan fisioterapi. Saraf adalah peran yang sangat penting dalam tubuh. Saraf kejepit ini dikenal juga dengan nama Hernia Nukleus Pulposus (HNP). Jika kita mengalami hal ini maka akan akan terasa nyeri. Selain nyeri saraf kejepit juga akan menyebabkan rasa sakit seperti tertusuk-tusuk jarum, juga akan muncul rasa terbakar yang akan menjalar ke luar. Saraf kejepit akan membuat bagian tubuh mati rasa dan melemahnya fungsi otot yang akan membuat anda kesulitan dalam bergerak. Penyebab terjadinya saraf kejepit bermacam-macam, di antaranya adanya penuaan disebabkan penuaan usia, terjadinya diskus tulang belakang yang kehilangan kadar airnya. Penyebab terjadinya saraf kejepit juga bisa disebabkan pengangkatan beban berat, obesitas, genetika dan merokok. Fisioterapi saraf kejepit harus dilakukan segera agar fungsi bagian tubuh segera dieprbaiki. Untuk mengetahui anda terkena saraf kejepit ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya adalah lakukan tes darah, lakukan CT scan, rotgen, dan pemeriksaan saraf.

Fisioterapi saraf kejepit bisa menggunakan teknik-teknik tertentu, namun anda harus memberi kompres esĀ  atau air hangat di area yang nyeri. Berikut ini adalah metode-metode fisioterapi yang bisa anda lakukan. Pertama menggunakan teknik elektroterapi, yaitu terapi dengan menggunakan alat yang disalurkan dengan daya listrik. Teknik yang kedua adalah fisioterapi manual dengan cara pijatan, mobilitasi, peregangan dan manipulasi sendi. Manfaat dari cara manual ini adalah membantu mengurangi nyeri dan mampu meningkatkan fleksibilitas gerak anggota tubuh. Teknik yang ketiga adalah program latihan yang memiliki manfaat memperbaiki postur tubuh, senam, memperkuat otot dan peregangan otot. Untuk mengetahui lebih lengkap dan terperinci, berikut ini adalah info lengkap jenis-jenis fisioterapi yang bisa anda ketahui :

  • Stimulasi

Stimulasi listrik dikenal juga dengan nama TENS, alat ini akan membantu merangsang saraf melalui permukaan kulit. Di zaman sekarang TENS sudah banyak digunakan sebagai alat fisioterapi.

  • Traksi Tulang

Traksi tulang merupakan terapi yang dilakukan oleh seorang ahli dengan cara melakukan tarikan tertentu di bagian tubuh pasien. Terapi dengan cara ini cukup ampuh untuk mengatasi syaraf kejepit.

  • Ultrasound

Terapi satu ini memanfaatkan getaran mekanik gelombang suara. Biasanya frekuensi yang digunakan di atas 20000 Hz.

  • Stretching

Stretching merupakan terapi medis fisioterapi dengan cara manual, lakukan setiap pagi dan anda akan merasakan tubuh anda segar. Otot yang tadinya kejepit karena tegang akan kembali rileks.

Selain melakukan fisioterapi saraf kejepit, anda juga bisa melakukan cara lain untuk menyembuhkan saraf kejepit. Anda bisa menggunakan akupuntur, yaitu pengobatan dari China yang sangat popular. Pengobatan akupuntur menggunakan jarum namun tidak akan terasa sakit. Selain akupuntur ada juga Chiropractic yang bisa dicoba untuk meredakan saraf kejepit. Chiropractis juga bisa dilakukan bagi anda yang terkena sakit punggung. Selanjutnya ada juga terapi stimulator KWD. Alat ini mampu menyembuhkan syaraf yang terjepity, karena memang memiliki fungsi utama sebagai stimulator di bagian pangkal jarum akupuntur. Dan masih banyak lagi cara lainnya yang bisa anda pilih untuk mengatasi saraf kejepit. Anda bisa mengobati saraf kejepit dengan cara pergi ke rumah sakit atau tempat ahli lainnya yang legal dan terpercaya. Lakukan terapi secara rutin agar saraf kejepit segera segera sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *