5 Perubahan Psikis Pada Ibu Hamil

Perubahan Psikis Pada Ibu Hamil

Semua wanita pasti ingin merasakan kehamilan dalam hidupnya agar bisa mendapatkan momongan. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa seorang bisa dikatakan wanita sejati jika bisa hamil. Saat hamil, seorang wanita akan mengalami perubahan fisik. Salah satu perubahan fisik yang sangat mudah diperhatikan adalah perut yang semakin membesar setiap harinya. Selain perubahan fisik, ternyata ibu hamil juga mengalami perubahan pada psikis.

Perubahan psikis berbeda dengan perubahan fisik. Jika perubahan fisik dapat dengan mudah kita lihat, perubahan psikis agak sulit untuk kita pahami karena terkadang ibu hamil sendiri juga tidak menyadari perubahan tersebut. Namun secara umum perubahan psikis pada ibu hamil itu seperti berikut ini:

1. Sering meminta hal aneh

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan perubahan ini. Ibu hamil akan sering meminta hal aneh atau sering dikenal dengan sebutan ngidam. Hal aneh yang sering diminta biasanya makanan. Anda boleh saja menuruti permintaan istri saat ngidam tapi pastikan hal tersebut aman untuk ibu hamil dan janinnya.

2. Banyak makan

Jika secara fisik istri anda belum menampakan adanya pembesaran perut karena adanya janin. Anda bisa mengamati dari kebiasaannya. Perubahan psikis lain yang menunjukkan wanita itu hamil adalah banyak makan. Ibu hamil akan makan dalam porsi yang lebih banyak dari sebelum hamil. Meski makan banyak itu normal saat hamil, ibu hamil harus tetap mengontrol asupan makanannya agar tidak menyebabkan obesitas yang membahayakan anda saat proses persalinan nanti.

3. Mood yang berubah-ubah

Wanita hamil akan mudah sekali mengalami perubahan mood seperti tiba-tiba menangis, marah dan tiba-tiba tertawa. Perubahan psikis tersebut disebabkam karena saat hamil wanita akan lebih sensitif. Jadi bagi orang terdekat sebaiknya hati-hati saat bersama anggota keluarga yang sedang hamil, bisa jadi anda kena marah karena penyebab yang tidak jelas.

4. Mimpi buruk

Ibu hamil bisa sering mengalami mimpi buruk. Kenapa bisa terjadi?, Itu karena saat beraktivitas di siang hari ibu selalu mengkhawatirkan kondisi janinnya sehingga saat malam hari tanpa sadar ibu membawanya ke alam mimpi karena khawatir yang berlebihan.

5. Mudah lupa

Selain sering mimpi buruk, perubahan psikis lainnya yang dialami ibu hamil adalah mudah lupa. Bahkan ibu bisa saja lupa apa hal yang baru saja ia katakan. Tapi kebiasaan ini akan hilang setelah persalinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *