6 Cara Alami Atasi Flu Pada Ibu Hamil

Cara Alami Atasi Flu Pada Ibu Hamil
Tidak terasa kita sudah berada di musim hujan lagi. Banyak penyakit yang bisa menyerang anda jika tidak bisa menjaga kesehatan dengan baik. Salah satu penyakit yang umumnya menyerang di musim hujan khususnya pada ibu hamil adalah flu.

Meski flu dianggap biasa pada wanita yang tidak hamil. Flu pada ibu hamil berbeda yaitu membuat anda terasa kurang nyaman. Ketidaknyamanan tersebut terjadi karena saat hamil anda tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi obat kimia, sedangkan flu lebih cepat sembuh dengan obat kimia. Oleh karena itu flu pada ibu hamil kesembuhannya akan lebih lama dibandingkan pada wanita yang tidak hamil sehingga merasa tidak nyaman.

Jika obat kimia dibatasi pada ibu hamil, anda tidak perlu khawatir. Ada cara alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi flu yang tak kalah ampuh dengan obat-obatan lain. Berikut cara alami untuk mengatasi flu pada ibu hamil:

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Ketika flu, kebutuhan cairan tubuh juga harus terpenuhi agar mempercepat penyembuhan flu secara alami. Yang perlu anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yaitu minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari.

2. Perbanyak konsumsi sayur

Bagi anda yang tidak suka makan sayur, sebaiknya berlatih untuk menyukai sayur karena sering konsumsi sayur akan membantu mengatasi flu saat hamil. Sayur dapat mengatasi flu karena memiliki fungsi untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas anda. Sayur yang anda konsumsi selama masa kehamilan juga baik untuk pemenuhan nutrisi janin.

3. Konsumsi buah-buahan

Selain sayur, buah juga dapat mengatasi flu pada hamil. Sebaiknya konsumsi buah dengan kandungan vitamin C.

4. Minum madu

Madu dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit termasuk flu pada ibu hamil. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dibuat minuman hangat.

5. Minum air jahe

Jika selama flu minum madu membosankan, bisa anda ganti dengan minum air jahe. Konsumsi air jahe dalam keadaan hangat agar pernafasan lebih lega dan flu teratasi. Minum air jahe kurang lebih 2 kali sehari sudah cukup efektif menghilangkan virus penyebab flu.

6. Jangan lupa istirahat

Saat flu menyerang, tubuh akan mengalami penurunan sistem imunitas. Jadi dibutuhkan peningkatan sistem imunitas agar flu lekas sembuh. Caranya istirahatlah yang cukup dan jangan melakukan aktivitas yang berlebihan karena ibu hamil disarankan lebih banyak istirahat. Selain mengurangi aktivitas berat, anda juga harus tidur selama 7-8 jam per hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *