Konsumsi 5 Makanan ini Saat Masa Nifas

Konsumsi 5 Makanan ini Saat Masa Nifas
Masa nifas adalah waktu setelah anda melahirkan janin yang telah dikandung kurang lebih selama 9 bulan. Biasanya masa nifas berlangsung diantara 40 sampai 60 hari bergantung pada kondisi kesehatan ibu. Pada masa ini akan menjadi waktu pemulihan ibu setelah melewati persalinan.

Dalam masa pemulihan ini, ibu nifas membutuhkan energi yang cukup sehingga bisa berjalan dengan baik atau ibu tetap sehat. Salah satu cara untuk mencukupi energi anda selama masa nifas adalah mengonsumsi makanan yang nutrisinya tepat dan juga sehat. Dengan mengonsumsi makanan tersebut akan mempercepat proses pemulihan ibu dan juga dapat meningkatkan produksi ASI sebagai nutrisi bayi anda.

Untuk mengetahui makanan apa saja yang baik untuk pemulihan ibu selama masa nifas, berikut akan dijelaskan beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi selama masa nifas:

1. Air putih
Yang paling mudah ditemukan dan sehat untuk dikonsumsi selama masa nifas adalah air putih. Anda harus banyak minum air putih saat nifas agar tubuh tidak mengalami dehidrasi yang nantinya berbahaya bagi anda. Dehidrasi saat nifas perlu dihindari karena dapat menurunkan energi tubuh dan memperburuk kondisi saat pemulihan serta menganggu proses menyusui. Jadi anda harus minum setiap kali merasa haus agar tidak membahayakan diri anda dan juga bayi.

2. Susu rendah lemak
Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama masa nifas, selain dengan air putih anda juga boleh minum susu. Tapi pastikan susu yang anda minum adalah susu yang rendah lemak. Susu rendah lemak akan membantu menjaga kesehatan anda selama masa nifas dan memenuhi kebutuhan kalsium selama menyusui untuk anda dan juga bayi.

3. Ikan
Contoh ikan yang baik dikonsumsi ibu nifas adalah salmon, sarden dan halibut. Ikan-ikan tersebut baik bagi anda karena kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 akan membantu ibu nifas mengatasi rasa depresi paska melahirkan dan meningkatkan kerja otak. Selain bermanfaat bagi ibu, mengonsumsi ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 akan meningkatkan perkembangan sensorik, kognitif dan motorik bayi.

4. Karbohidrat tinggi serat
Karbohidrat memang penyumbang energi yang sangat ampuh, tapi perlu anda perhatikan bahwa jenis karbohidrat yang baik dikonsumsi oleh ibu nifas adalah karbohidrat dengan serat tinggi seperti beras merah, beras coklat dan gandum. Dengan mengonsumsi karbohidrat serat tinggi tubuh anda akan berenergi saat pemulihan dan juga merawat bayi anda.

5. Sayuran hijau dan buah kaya vitamin C
Selain karbohidrat, anda juga membutuhkan asupan dari sayuran hijau dan buah-buahan khususnya buah dengan kandungan vitamin C. Untuk sayuran hijau contohnya bayam, brokoli dan kangkung. Sedangkan buah yang kaya vitamin C bisa anda dapatkan dari jeruk, nanas dan anggur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *