Makan Nanas Saat Hamil Menyebabkan Keguguran, Mitos atau Fakta?

Makan Nanas Saat Hamil Menyebabkan Keguguran, Mitos atau Fakta?
Apakah anda sedang hamil sekarang?. Pasti sudah mendengar dan tahu banyak info seputar kehamilan baik dari teman atau keluarga. Informasi tentang kehamilan yang anda dapatkan tidak semuanya dapat anda terima secara mentah-mentah. Salah satunya tentang pernyataan bahwa makan nanas saat hamil dapat membuat anda keguguran. Benarkah pernyataan tersebut? Atau hanya sekedar mitos?

Pada awalnya nanas dianggap dapat menggugurkan janin dalam kandungan anda karena adanya kandungan bromelain. Bromelain adalah salah satu enzim yang bekerja memecah protein dalam tubuh, sedangkan janin itu terdiri dari sel ptotein sederhana sehingga asupan bromelain dapat menyebabkan keguguran.

Dari pemahaman di atas memang ada benarnya bahwa enzim bromelain dapat menyebabkan keguguran, tapi untuk bromelain dalam nanas belum dapat mencapai kadar yang bisa membuat keguguran janin anda. Hal ini karena dalam satu porsi jus nanas hanya mencapai 16 mg bromelain, sedangkan untuk mencapai kadar yang cukup menyebabkan keguguran anda harus mengonsumsi nanas sebanyak 7-10 buah yang tentunya tidak mungkin. Jadi kesimpulannya saat anda mengonsumsi buah nanas dalam porsi secukupnya maka tidak akan berdampak pada janin atau tidak menyebabkan keguguran.

Dari dugaan negatif terhadap nanas bagi ibu hamil, justru buah nanas ini juga memiliki manfaat bagi anda. Manfaat buah nanas bagi ibu hamil antara lain membantu tumbuh kembang janin, meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil, dan meringankan sembelit pada tahap awal kehamilan.

Itulah penjelasan mengenai buah nanas yang sebenarnya tidak menyebabkan keguguran atau persalinan dini pada ibu hamil. Meski sudah diketahui nanas aman bagi ibu hamil, perlu anda ketahui bahwa ada kondisi tertentu yang membuat ibu hamil dilarang mengonsumsi nanas yaitu ibu hamil dengan perut sensitif, menderita diabetes gestasional, dan ibu hamil yang alergi dengan nanas. Reaksi alergi pada nanas ditandai dengan gatal dan bengkak pada mulut serta kulit yang memerah, gatal dan bengkak. Agar tetap aman mengonsumsi nanas sebaiknya anda perhatikan kondisi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *