Manfaat Olahraga Berenang bagi Pertumbihan dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Berenang bagi Pertumbihan dan Kesehatan Tubuh

Memiliki badan yang sehat merupakan harapan setiap orang karena terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Sehingga seseorang sangat perlu melakukan olahraga. Berenang pada umumnya berenang merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bahkan menjadi salah satu hobi yang sangat banyak digemari banyak orang bahkan banyak orang tua yang melatih anak-anaknya berenang pada usia dini ataupun balita. Apalagi pada saat ini banyak tempat rekreasi yang menyediakan atau menawarkan tempat untuk berenang jadi tidak perlu pusing jika keluarga ingin berenang. Mengapa ? karena berenang memeiliki segudang manfaat bagi kesehatan serta kebugaran tubuh. Dalam berenang terdapat berbagai macam teknik yang bisa dilakukan yaitu gaya dada, gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya pungguung, gaya anjing, dan gaya samping.

Apa saja manfaat berenang?

  1. Melatih Pernafasan
    Berenang sangat bermanfaat untuk melatih system pernafasan karena pada saat berenang di perlukan nafas yang kuat dan lama. Pada saat berenang otot bergerak sehingga melancarkan aliran darah ke jantung dan paru-paru sehingga melatih pernafasan lebih panjang saat menyelam.
  2. Meninggikan badan
    Berolahraga renang merupakan cara paling efektif dalam meninggikan badan. Meninggikan badan dengan berenang dapat dilakukan pada anak-anak  secara rutin disamping itu juga perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi .
  3. Menjaga kesehatan jantung
    Berenang dapat menjaga kesehatan jantung seseorang karena aliran darah ke jantung menjadi lancer sehingga detak jantung akan semakin kuat.
  4. Menguatkan kekuatan otot dan tulang
    Nyeri pada tulang itu tidaklah nyaman, berenang merupakan salah satu alternative dalam menguatkan kekuatan otot dan tulang karena pada saat berenang semua anggota persendian ikut bergerak.
  5. Mengurangi berat badan
    Berat badan merupakan hal yang sensitif bagi setiap orang apalagi bagi kaum wanita. Olahraga renang dapat mengurangi berat badan seseorang sehingga terlihat lebih ideal karena pada saat berenang dapat membakar kalori dan lemak lebih banyak yang ada dalam tubuh kita.
  6. Menghilangkan stress
    Pada dasarnya air mampu memberikan kesejukan serta ketenangan tubuh seseorang, sehingga berenang sangat diminati bagi setiap orang karena berenang memiliki kenyaman tersendiri bagi tubuh dan memberikan efek yang positif bagi tubuh serta pikiran.
  7. Mengurangi resiko diabetes
    Penyakit diabetes merupakan penyakit yang bisa dialami oleh siapapun baik pria maupun wanita yang dikerenakan memiliki pola hidup serta pola makan yang salah sehinnga kadar gula dalam darah naik. Diabetes juga bisa timbul karena factor keturunan atau genetika. Diabetes dapat dikurangi dengan cara berenang karena pada saat berenang kalori yang di dalamnya ada lemak dan gula darah terbakar, serta diikuti dengan mengatur pola makan dan pola hidup yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *