4 Olahraga untuk kesehatan jantung

4 Olahraga untuk kesehatan jantung

Penyakit atau gangguan pada jantung kini menjadi salah satu penyebab terbanyak manusia meninggal di dunia, bahkan penyakit jantung menduduki peringkat 1 pencetus kematian di dunia. Anda bisa terkena penyakit jantung karena gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, makan makanan yang tidak sehat dan faktor lainnya lagi.

Gaya hidup yang tidak sehat merupakan penyebab utama penyakit jantung, jika anda ingin terhindar dari penyakit jantung maka kuncinya adalah dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Salah satu cara gaya hidup sehat yaitu dengan rutin berolahraga. Dengan olahraga anda akan memiliki jantung yang sehat.

Banyak sekali jenis olahraga yang bisa anda lakukan, tapi akan lebih baik jika olahraga yang anda lakukan memang khusus untuk kesehatan jantung sehingga sesuai dengan tujuan yang ingin anda dapatkan. Berikut jenis-jenis olahraga yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung:

1. Senam Jantung
Anda hanya perlu melakukan senam jantung selama 30 menit untuk mendapatkan segala manfaat dari olahraga yang satu ini. Manfaat dari senam jantung untuk kesehatan antara lain memperlancar aliran darah di seluruh tubuh dan mencegah penyumbatan kolesterol dan lemak pada pembuluh darah yang menyebabkan arterosklerosis. Selain itu, dengan olahraga ini anda juga bisa mencukupi kebutuhan oksigen tubuh.

2. Renang
Sama dengan senam jantung, untuk menjaga kesehatan jantung anda bisa mencoba olahraga renang 30 menit setiap harinya. Banyak manfaat yang anda dapatkan dari renang untuk kesehatan jantung meliputi melancarkan sirkulasi darah, menjaga tekanan darah dan juga baik untuk sistem pernapasan.

3. Bersepeda
Bagi anda yang hobi bersepeda, kabar baiknya bersepeda juga termasuk daftar olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Gerakan aktif dari bersepeda berdampak baik pada pembuluh darah dan paru-paru, serta dapat menurunkan resiko anda untuk terserang penyakit stroke dan serangan jantung.

4. Jalan cepat
Salah satu olahraga yang disarankan oleh American Heart Association untuk menjaga kesehatan jantung adalah jalan cepat. Jalan cepat ini bisa meningkatkan detak jantung dan menurunkan risiko anda untuk terkena serangan jantung. Lakukan olahraga jalan cepat pada pagi hari kurang lebih 30 menit untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Itulah beberapa jenis olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan keadaan fisik anda dan lakukan selama 30 menit setiap hari. Untuk menjaga kesehatan jantung setidaknya anda harus berolahraga 5 hari dalam satu minggu, sehingga jika dikalikan 30 menit, maka 150 menit per satu minggu setidaknya waktu yang harus anda luangkan untuk berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *