Mengetahui Aktivitas Perawat Saat Melakukan Perawatan Home Care

Mengetahui Aktivitas Perawat Saat Melakukan Perawatan Home Care

Perawatan home care adalah jasa perawatan kesehatan individu atau keluarga dengan melakukan perawatan secara penuh di rumah pasien itu sendiri. Anda bisa menggunakan jasa perawat home care untuk merawat anda yang sedang sakit, merawat orang tua atau lansia, merawat bayi yang baru lahir atau merawat anggota keluarga anda yang sedang sakit parah. Jasa dari perawat home care ini sangat bermanfaat untuk melayani segala kebutuhan orang yang sakit. Namun, anda tidak boleh sembarangan dalam memilih perawat home care.

Perawat home care yang anda pilih harus memiliki kompetensi yang sesuai dan pengalaman kerja. Selain itu, perawat home care juga harus sudah tahu apa saja pekerjaan yang harus mereka lakukan. Perawat home care yang baik memiliki STR atau surat tanda registrasi sebagai bukti bahwa perawat tersebut memiliki legalitas hukum untuk merawat orang yang sakit. Anda harus teliti untuk memilih seorang perawat home care. Jika anda ceroboh, maka anda akan rugi karena menggunakan jasa pearwat home care yang tidak berkompeten. Untuk memilih perawat home care yang tepat, anda harus tahu apa saja tugas dari seorang perawat home care.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tugas dari seorang perawat home care saat melakukan perawatan home care di rumah pasien.

  1. Seorang perawat home care harus melakukan pemeriksaan fisik, observasi dan wawancara secara langsung kepada pasien. Selain itu, seorang perawat home care harus memiliki perencanaan yang matang untuk merawat pasiennya. Perencaan ini adalah perawatan khusus apa saja yang dibutuhkan seorang pasien. Kemudian apakah pasien tersebut membutuhkan keterampilan khusus dalam proses perawatannya atau tidak. Seorang perawat home care harus mempersiapkannya dengan matang agar pasien merasa nyaman.
  2. Seorang perawat home care harus bisa menentukan frekeunsi perawatan yang diperlukan oleh pasien. Misalnya, pasien membutuhkan waktu perawatan selama tiga bulan atau lebih. Seorang perawat home care harus sudah tahu berapa lama seorang pasien membutuhkan perawatan.
  3. Seorang perawat home care harus bisa menjadi seorang pendukung dan penasehat bagi pasien. Jika pasien membutuhkan layanan kesehatan di rumah sakit, maka seorang perawat home care harus memastikan pelayanan kesehatan tersebut sesuai dengan kebutuhan pasien.
  4. Seorang perawat home care juga harus melakukan koordinasi dengan tenaga medis lainnya jika perawatan yang dilakukan menggunakan sistem berkelompok.
  5. Seorang perawat home care juga harus melakukan dokumentasi tentang apa saja yang telah ia lakukan kepada pasien. Misalnya, seorang perawat home care bisa mendokmentasikan dirinya saat melakukan pelayanan kesehatan kepada pasien. Hal ini bisa dijadikan sebagai bukti jika nantinya ada proses hukum saat kedua belah pihak berselisih paham.

Itulah beberapa aktivitas dari seorang perawat home care saat melakukan pelayanan kesehatan kepada pasien. Anda harus mengetahuinya sehingga saat anda memantau seorang perawat home care di rumah, anda bisa tahu apa yang dilakukannya sudah benar atau belum.

Saat anda memilih seorang perawat home care untuk melakukan perawatan home care kepada anda atau anggota keluarga anda, anda perlu teliti dan tidak boleh terburu-buru. Untuk memilih seorang perawat home care bukanlah hal yang mudah. Anda harus memastikan perawat tersebut berkompeten dari STR yang dimiliki dan pengalaman kerja yang sudah mereka dapatkan. Kedua hal ini bisa menjadi tolak ukurĀ  seorang perawat home care berkompeten atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *