Mengetahui Cara Perawatan Luka Robek Yang Baik dan Benar

Mengetahui Cara Perawatan Luka Robek Yang Baik dan Benar

Saat anda mengalami luka robek di salah satu bagian tubuh anda, maka anda biasanya akan membiarkannya begitu saja. Padahal luka robek tidak boleh anda sepelekan begitu saja. Luka tersebut bisa mendatangkan penyakit lain seperti misalnya infeksi. Bahkan tidak hanya itu, luka robek bisa membuat luka tersebut menjaid berair dan bernanah sehingga anda akan merasakan sakit yang sangat. Luka robek memiliki beberapa tipe. Tipe yang paling ringan adalah luka robek yang lukanya berbentuk seperti sayatan. Jika anda mengalami luka robek yang seperti ini, maka anda tidak perlu terlalu khawatir.

Namun jika luka robek anda terus mengeluarkan darah, maka anda membutuhkan pertolongan dokter untuk menjahit luka robek anda tersebut. Perawatan luka robek sebenarnya bisa anda atasi sendiri di rumah. Hanya saja untuk tingkat luka robek yang tidak terlalu parah. Perawatan yang anda lakukan juga tidak boleh sembarangan. Terdapat beberapa tahapan yang harus anda lakukan sehingga luka robek anda bisa cepat sembuh dan anda tidak akan mengalami infeksi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara atau langkah-langkah untuk mengatasi luka robek anda.

  1. Anda harus mencuci tangan anda sebelum dan sesudah membersihkan luka robek anda. Mencuci tangan ini dapat menghindari anda dari bakteri atau kuman yang akan menempel pada luka robek anda.
  2. Selanjutnya, anda bisa membersihkan luka robek anda menggunakan cairan infus. Hal ini dapat membantu menghilangkan bakteri atau kuman yang berada pada luka robek anda.
  3. Kemudian anda bisa menyiapkan kasa steril. Jika kasa steril sudah siap, maka anda bisa mengoleskan luka robek anda menggunakan obat oles.
  4. Setelah itu, anda bisa menutup luka robek anda dengan menggunakan kasa steril. Hal ini akan mencegah luka robek anda terkena kotoran seperti debu atau kotoran lainnya.
  5. Anda harus rutin mengganti kasa steril yang menutup luka robek anda. Jika kasa steril basah, maka anda bisa segera menggantinya dengan yang baru. Hal ini untuk menjaga kebersihan dari luka robek anda.
  6. Terakhir, anda harus bisa menghindari makanan berprotein tinggi seperti telur, ikan dan daging ayam.

Bagaimana? Cara untuk mengatasi luka robek tersebut sangat mudah. Anda bisa melakukan perawatan luka robek anda dengan tekun dan sabar agar luka robek anda bisa segera sembuh.

Selain dengan melakukan perawatan luka robek, anda juga bisa memakan makanan bergizi untuk mempercepat kesembuhan luka robek anda. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu mempercepat kesembuhan luka robek anda.

  1. Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, vitamin C pada lemon juga baik untuk mengganti kulit yang rusak akibat luka sayatan atau luka robek. Hal ini dapat membantu anda untuk mempercepat luka robek anda. Anda bisa mengkonsumsi lemon dalam bentuk minuman agar rasa asam dari lemon tidak terlalu terasa.

  1. Labu

Labu mengandung magnesium yang dapat menyembuhkan luka dan menumbuhkan sel-sel kulit baru. Anda bisa mengkonsumsi labu secara rutin agar kulit anda yang robek segera bisa diganti dengan sel-sel kulit yang baru.

  1. Semangka

Semangka mengandung senyawa inositol yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat anda konsumsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka robek anda. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *