Cara Mencegah Diabetes Pada Remaja

Cara Mencegah Diabetes Pada Remaja
Diabetes Mellitus memang tak memandang siapapun, remaja juga bisa menjadi sasaran penyakit kronis yang satu ini. Banyak hal yang menyebabkan remaja bisa terkena diabetes mellitus seperti disebabkan oleh genetik atau keturunan, disfungsi pankreas, infeksi virus, pola makan yang buruk, merokok, minum alkohol, stress yang berlebihan, kurang tidur dan malas gerak. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa diabetes pada remaja ini lebih berbahaya dibandingkan pada orang dewasa.

Mengapa diabetes pada remaja lebih berbahaya?. Hal itu karena diabetes pada remaja lebih sulit ditangani dan juga mudah menyebabkan komplikasi. Remaja yang terkena diabetes dapat mengalami komplikasi berupa obesitas, gangguan penglihatan, gagal ginjal, gagal jantung, komplikasi secara psikologis juga bisa yaitu remaja bisa mengalami depresi.

Dampak atau komplikasi diabetes pada remaja memang menakutkan. Oleh karena itu bagi anda yang tidak atau belum mengalami diabetes saat usia remaja, anda perlu melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit diabetes. Berikut beberapa pencegahan yang bisa anda lakukan untuk terhindar dari resiko diabetes di usia remaja:

1. Perbaiki pola makan

Pola makan yang buruk terdaftar menjadi penyebab remaja terkena diabetes, untuk itu mulai sekarang anda harus meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Mulailah memperbaiki pola makan dengan cara mengontrol asupan gula. Jika anda suka makanan atau minuman manis, mulai sekarang gula yang rendah kalori. Lebih baik lagi perbanyak konsumsi sayur dan buah. Hal itu direkomendasikan oleh beberapa penelitian bahwa mengonsumsi buah dan sayur akan membantu anda mencegah diabetes di usia muda mencapai 22 persen.

2. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan juga penting untuk mencegah diabetes di usia remaja. Dengan itu anda tidak akan obesitas yang nantinya menyebabkan diabetes. Untuk menjaga berat badan ideal anda bisa mengikuti penjelasan di atas memgenai pola makan yang baik yaitu mengonsumsi makanan seimbang dan juga batasi konsumsi gula jangan sampai berlebihan.

3. Olahraga

Anda tidak boleh malas gerak jika tidak ingin terkena diabetes di usia muda. Untuk menghilangkan rasa malas tersebut, anda harus mulai rajin berolahraga. Untuk tubuh yang sehat, dianjurkan sehari minimal berolahraga dalam 30 menit. Anda bisa mulai dengan olahraga ringan seperti jalan cepat, joging dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *