4 Minuman tradisional Yang Baik Untuk Kesehatan

Minuman tradisional Yang Baik Untuk Kesehatan

Minuman tradisional atau sering disebut juga dengan jamu merupakan minuman olahan yang dibuat secara tradisional dan dipercaya memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Bahkan bagi beberap penikmat jamu, mereka memilih untuk minum jamu dibandingkan dengan obat lain karena dipercaya lebih efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi dapat kita simpulkan bahwa manfaat dari jamu atau minuman tradisional tidak boleh kita remehkan.

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, minuman tradisional juga lebih murah. Meski bersifat tradisional, anda jangan khawatir kesulitan mendapatkan jamu karena sekarang ini banyak yang menjualnya dengan kemasan yang justru lebih hiegenis. Untuk lebih jelasnya, berikut 5 minuman tradisional yang dapat anda minum untuk meningkatkan kesehatan tubuh atau baik bagi kesehatan:

1. Wedang jahe

Tanaman rimpang dengan aroma khas dan memiliki rasa pedas ini bisa anda minum secara rutin apalagi di musim hujan karena wedang jahe dapat membantu menghangatkan tubuh anda. Selain itu, jahe juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk meredakan nyeri otot dan memperlancar peredaran darah. Jika anda tak mau repot, dibandingkan membuat sendiri, anda bisa membeli wedang jahe kemasan yang bisa ditemukan di toko terdekat.

2. Beras kencur

Apa jamu favorit anda?. Jika ditanya seperti biasanya banyak orang menjawab beras kencur. Beras kencur sangat disukai mulai dari anak-anak hingga dewasa karena rasanya yang cenderung manis. Sehingga siapa saja dapat menikmatinya. Beras kencur ini dapat anda minum untuk mengobati sakit tenggorokan dan juga meningkatkan nafsu makan. Untuk membuat beras kencur anda harus mencuci beras dan rendam selama 3 jam, siapkan panci, masukan air dan masak dengan api sedang, masukan kencur, asam jawa, gula, garam secukupnya, masak hingga mendidih, saring dan ambil ampasny, kemudian tumbuk bersama beras hingga halus, letakkan bahan yang sudah ditumbuk pada saringan lalu siram dengan air rebusan kemudian sajikan dengan tambahan jeruk nipis.

3. Bajigur

Bajigur juga termasuk minuman tradisional yang terkenal dan baik untuk kesehatan tubuh. Bagi anda yang memiliki masalah susah BAB, sakit perut, dan masuk angin, minum bajigur bisa menjadi solusinya agar cepat sembuh.

4. Kunyit asam

Kandungan dalam kunyit dapat berfungsi sebagai detoksifikasi hingga mencerahkan kulit. Untuk membuat jamu kunyit asam, caranya yaitu dengan merebus 500 gram kunyit dan asam dalam 2 liter air. Rebus hingga mendidih tambahkan gula jawa  dan garam sesuai selera. Kunyit asam dapat disajikan hangat atau dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *