4 Sumber Makanan Untuk Penderita Darah Rendah

Sumber Makanan Untuk Penderita Darah Rendah
Tekanan darah rendah adalah kondisi dimana darah sistole dan diastole anda di bawah angka normal. Seseorang yang terkena darah rendah biasanya akan merasa lemah, mudah lelah, kepala pusing, sesak nafas, sulit untuk berkonsentrasi, dan sering mengalami gangguan pencernaan. Tekanan darah rendah disebabkan karena makanan yang anda konsumsi kadar gizinya tak mencukupi kebutuhan tubuh.

Gizi yang kurang bisa disebabkan dari cara pengolahan. Ketika anda tak bisa memasak makanan dengan mempertahankan gizinya, maka hasilnya Anda mengonsumsi makanan yang gizinya telah hilang. Selain pengolahan yang salah, salah mengonsumsi jenis makanan juga bisa menyebabkan tekanan darah Anda rendah. Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa sumber makanan yang tepat bagi anda penderita darah rendah :

1. Vitamin A

Makanan yang mengandung vitamin A juga dapat menstabilkan tekanan darah Anda. Anda bisa mendapatkan vitamin A dari buah-buahan seperti tomat, dan buah naga. Selain dari buah, sumber vitamin A juga bisa anda dapatkan dari sayur-sayuran yaitu sawi.

2. Vitamin B kompleks

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks anda bisa membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah yang tentunya baik untuk penderita tekanan darah rendah. Anda bisa mendapatkan sumber vitamin B kompleks dari alpukat, nanas, pisang dan kurma.

3. Vitamin C

Sangat mudah untuk mendapatkan makanan yang mengandung vitamin C. Untuk sayuran anda bisa mengonsumsi sawi. Selain mengandung vitamin C sawi juga kaya akan vitamin A dan B. Untuk buah-buahan anda bisa mendapatkannya dari jeruk, stroberi, mangga dan masih banyak lagi.

4. Zat besi

Zat besi sangat identik bagi penderita darah rendah. Untuk mendapatkan asupan zat besi anda bisa mendapatkannya dari tebu, kacang-kacangan dan sayuran hijau seperti bayam.

Itulah sumber makanan yang tepat bagi anda yang mengalami tekanan darah rendah. Selain mengonsumsi makanan di atas, anda juga harus mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat seperti rajin berolahraga, perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan dengan tinggi garam.

Perlu anda ketahui juga bahwa tekanan darah rendah bukan merupakan penyakit. Bahkan anda yang mengalami tekanan darah rendah memiliki kecenderungan hidup lebih lama dari orang dengan hipertensi. Namun terlepas dari hal itu, anda harus tetap menjaga kesehatan dengan tetap menjaga kestabilan tekanan darah anda sehingga kualitas hidup anda juga akan terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *