5 Bahan Alami Untuk Mengobati Gatal

5 Bahan Alami Untuk Mengobati Gatal

Selama ini anda mungkin menganggap biasa jika kulit terasa gatal. Tapi perlu anda perhatikan gatal yang anda rasakan ini biasa atau karena reaksi dari alergi, gigitan serangga atau bahkan yang cukup bahaya apabila gatal yang anda rasakan karena eksim dan psoriasis. Gatal yang disebabkan karena hal tersebut jika tidak ditangani dengan baik akan menganggu kenyamanan anda. Untuk itu anda tidak boleh menganggap remeh saat kulit terasa gatal.

Untuk mengobati gatal dengan mudah, anda bisa menggunakan bahan alami. Selain ampuh mengobati gatal, bahan alami juga mudah ditemukan di sekitar anda dan tentunya lebih murah. Berikut bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati gatal:

1. Minyak zaitun
Minyak zaitun memang terkenal dengan kemampuannya untuk menangani masalah kesehatan, salah satunya bisa digunakan untuk mengobati kulit yang meradang akibat gatal dengan kandungan oleochantal di dalamnya. Saat anda gatal dan ada minyak zaitun di rumah, maka anda cukup mengoleskannya pada area yang terasa gatal.

2. Lidah buaya
Di industri kecantikan lidah buaya sering digunakan dalam produk pelembab khususnya pada bagian gelnya, dan ternyata selain bermanfaat untuk kecantikan, lidah buaya juga bisa mengatasi masalah gatal pada kulit. Seperti penggunaan minyak zaitun, anda juga cukup mengoleskan gel lidah buaya pada area yang gatal. Setelah dioleskan lidah buaya akan melembabkan dan juga menenangkan kulit yang gatal sehingga anda akan merasa lebih nyaman.

3. Cuka apel
Jika gatal yang anda rasakan karena reaksi alergi, anda bisa menggunakan cuka apel sebagai obat gatal. Ada dua pilihan untuk aplikasi cuka apel dalam mengatasi gatal. Pertama anda cukup mengoleskannya pada area yang gatal, kedua anda bisa menggunakan kapas yang di rendam cairan cuka apel kemudian kompres kulit yang gatal dengan kapas tersebut.

4. Tea tree oil
Untuk mengatasi gatal akibat eksim atau psoriasis anda bisa menggunakan tea tree oil. Tea tree oil mengandung zat yang bersifat antiradang yang mempercepat penyembuhan eksim dan psoriasis.

5. Kulit pisang dan semangka
Kita sering kali membuang kulit buah secara percuma, padahal perlu anda ketahui ternyata ada kulit buah yang bermanfaat bagi kesehatan khususnya untuk mengobati gatal yaitu kulit pisang dan kulit semangka. Kulit pisang mampu mengatasi gatal karena dapat melembabkan kulit, sedangkan kulit semangka mengandung antiradang yang dapat menenangkan kulit akibat gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *