5 Kerugian Bagi Pecinta Makanan dengan Pemanis Buatan

Pecinta Makanan dengan Pemanis Buatan

Bagi pecinta makanan dengan cita rasa manis memang tidak akan terasa nikmat jika selama seharian tak mengonsumsi makanan manis seperti roti, permen dan lainnya. Makanan manis dengan pemanis alami memang lebih aman atau sedikit dampak negatifnya. Berbeda dengan pemanis buatan yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak negatif pada tubuh anda.

Pemanis buatan tidak aman bagi tubuh karena kandungan kimia atau tambahan yang terkandung di dalamnya. Semakin anda sering mengonsumsi pemanis buatan maka anda akan dirugikan mengalami penyakit-penyakit seperti berikut ini:

1. Obesitas

Pada awalnya mungkin anda akan mengalami peningkatan berat badan. Setelah itu tubuh menjadi mengalami berat badan yang berlebihan sehingga akhirnya anda menderita obesitas atau berat badan berlebihan. Obesitas itu juga berbahaya karena merupakan salah satu penyebab beberapa penyakit kronis seperti diabetes.

2. Menyebabkan kerusakan gigi

Pemanis buatan yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi umumnya ditemukan pada minuman dan makanan. Gigi bisa menjadi rusak karena pemanis buatan memiliki kandungan yang dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan kerusakan gigi.

3. Kekurangan nutrisi

Mungkin anda tak merasakannya, tapi beberapa orang pecinta makanan manis, bisa saja mereka merasa kecanduan untuk selalu makan makanan dengan pemanis buatan. Dengan kebiasaan tersebut, mereka jadi enggan untuk mengonsumsi makanan lain yang rasa manisnya tak senikmat makanan dengan pemanis buatan. Akibatnya tubuh akan kekurangan nutrisi karena kurangnya asupan makanan yang bergizi.

4. Penyakit jantung

Anda mungkin tak menyangka jika dampak negatif dari sering mengonsumsi pemanis buatan bisa sampai pada penyakit jantung. Tapi kenyataannya banyak studi yang membuktikan bahwa konsumsi gula berlebih dapat menggangu kerja jantung untuk memompa darah. Akibatnya jantung akan bermasalah dan anda bisa mengalami penyakit hipertensi dan gangguan jantung yang lainnya.

5. Diabetes tipe 2

Penyakit yang sangat identik dengan kelebihan gula adalah diabetes. Namun, pada pencinta pemanis buatan kebanyakan diabetes yang diderita adalah diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena  semakin banyak tubuh mengkonsumsi makanan dengan gula tinggi seperti pemanis buatan , maka tubuh akan semakin banyak memproduksi hormon insulin pada tubuh. Kadar insulin tubuh dan kadar gula yang tinggi  tersebut yang membuat anda berisiko untuk terkena diabetes mellitus tipe 2.

Itulah 5 kerugian yang terjadi jika anda terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman dengan pemanis buatan. Agar terhindar dari bahaya tersebut, maka mulai dari sekarang kita harus melakukan pola hidup sehat seperto merubah kebiasaan makan. Makanlah makanan dengan gizi seimbang dan juga bantu dengan melakukan latihan fisik atau olahraga. Mulai dengan yang ringan atau sesuai dengan kondisi tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *