6 Manfaat Madu Untuk Kesehatan

6 Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Madu merupakan salah satu jenis pemanis alami. Selain mengandung gula, ternyata madu juga kaya akan kandungan gizi lainnya seperti vitamin, asam amino, mineral dan antioksidan. Karena kandungan gizinya tersebut madu juga sering digunakan untuk terapi atau obat bagi masalah kesehatan.

Sebenarnya penggunaan madu sebagai obat sudah sangat lama, berawal pada tahun 2000 SM madu digunakan oleh seorang dokter di tiongkok sebagai pengobatan tradisional, dan hingga kini sudah menyebar ke berbagai negara. Lantas apa saja manfaat madu bagi kesehatan hingga banyak yang menggunakan madu untuk pengobatan?

Untuk mengetahui manfaat madu bagi kesehatan, anda bisa menyimak pada penjelasan berikut ini:

  1. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan membutuhkan bantuan dari bakteri baik yang hidup di didalamnya seperti bakteri Lactobacilli dan Bifidobakteri. Dengan mengonsumsi madu akan membantu meningkatkan populasi kedua bakteri tersebut. Oleh karena itu kesehatan sistem pencernaan anda akan meningkat.

2. Mencegah asam lambung

Jika anda sering meninggalkan waktu makan, anda perlu mengonsumsi madu agar lambung tidak mengalami peningkatan asam. Penurunan resiko peningkatan asam lambung bisa dicegah dengan madu karena madu akan memperlambat pengosongan lambung anda sehingga anda bisa terhindar dari maag atau asam lambung.

3. Bagus untuk tulang anda

Bagi anak-anak konsumsi madu akan bagus untuk pertumbuhan tulang, sedangkan bagi orang dewasa akan membantu mencegah anda terkena osteoporosis karena madu mengandung kalsium sebanyak 3- 31 mg/ 100 gram gula.

4. Mencegah penyakit jantung

Banyak sekali orang yang terkena penyakit atau gangguan pada jantung karena diet yang kurang baik. Anda bisa mencoba mengonsumsi madu untuk menjaga kesehatan jantung. Madu bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung karena mampu menurunkan kadar kolesterol LDL, meningkatkan kolesterol HDL, serta meningkatkan nitrit oksida untuk melancarkan peredaran darah, baik untuk fungsi otot jantung, dan mengatur tekanan darah.

5. Membantu menyembuhkan luka

Madu dapat membantu menyembuhkan luka dengan kandungan hidrogen peroksida sebagai antibakteri dan antiseptik. Madu juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dengan pH yang bersifat asam. Beberapa metode pengobatan luka akan meninggalkan bekas, tetapi lain halnya jika anda menggunakan madu untuk mengobati luka, luka anda biasanya tidak akan membekas.

6. Meningkatkan energi

Madu dapat meningkatkan energi anda karena mengandung 17 gram karbohidrat dalam satu sendok teh. Selain itu, madu juga memiliki indeks glikemik yang rendah antara 35- 48. Oleh karena itu madu dapat meningkatkan energi atau stamina anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *