8 Makanan Peningkat Metabolisme

Makanan Peningkat Metabolisme

Suatu proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh mahluk hidup termasuk manusia adalah proses yang disebut dengan metabolisme. Metabolisme sangat penting bagi tubuh manusia karena dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh, membersihkan racun dan juga sebagai sumber energi untuk anda beraktivitas.

Dari berbagai fungsi yang dimiliki oleh proses metabolisme, terkadang proses tersebut dapat mengalami masalah karena berbagai faktor. Salah satunya salah mengonsumsi makanan. Jika anda memakan makanan yang kurang tepat maka akan membuat metabolisme terganggu, begitu juga berbagai fungsinya bagi tubuh. Proses yang terganggu ini tentu akan akan membahayakan tubuh, bahayanya antara lain membuat anda lemas bahkan mengalami gangguan lain yang lebih berbahaya karena tubuh tidak bisa membersihkan racun.

Untuk itu anda perlu memperhatikan asupan makanan agar dapat menjaga kesehatan metabolisme tubuh. Makanlah makanan yang dapat meningkatkan metabolisme saat proses tersebut terganggu.

Berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan metabolisme:

1. Brokoli

Brokoli kaya akan kandungan yang baik untuk metabolisme seperti vitamin A, C, K dan tinggi akan kalsium serta mengandung berbagai antioksidan. Selain itu, brokoli dianggap sebagai tiga makanan tersehat di dunia sehingga tak perlu diragukan lagi bahwa brokoli dapat membantu meningkatkan proses metabolisme pada tubuh.

2. Beras merah

Dengan serat yang tinggi dalam beras merah akan membuat anda cepat kenyang dan mengurangi konsumsi makanan yang tidak baik untuk metabolisme tubuh. Sehingga peningkatan metabolisme dapat terjadi dengan baik.

3. Cabai

Makanan yang khas dengan kepedasannya ini dapat membantu anda meningkatkan metabolisme bahkan hingga 25 persen lebih banyak. Jadi berbahagialah bagi anda yang suka mengonsumsi makanan pedas karena baik untuk tubuh anda. Tetapi jangan terlalu berlebihan mengonsumsi makanan pedas karena yang berlebihan itu tidak baik.

4. Buah-buahan

Buah jeruk, apel dan pir yang dikenal rendah kalori dan bisa menjadi pilihan anda untuk meningkatkan metabolisme.

5. Teh

Minuman teh, khususnya teh hijau terkenal sangat baik untuk kesehatan tubuh yaitu membantu mengatur kadar gula darah, membakar lemak, mengandung antioksidan dan juga dapat mempercepat metabolisme.

6. Ikan

Asam lemak omega-3 pada ikan memiliki kemampuan untuk menurunkan produksi hormon leptin yang dapat memperlambat proses metabolisme. Sehingga dengan penurunan hormon leptin, proses metabolisme dapat meningkat dan berjalan dengan baik.

7. Makanan tinggi kalsium

Selain makanan dengan asam lemak omega-3 seperti ikan, makanan tinggi kalsium juga bisa menjadi solusi anda untuk meningkatkan metabolisme.

8. Bumbu

Bumbu dapur seperti lada hitam, bawang putih dan jahe juga dapat anda gunakan untuk meningkatkan proses metabolisme yang bermasalah. Anda bisa mencampurkan bumbu-bumbu tersebut dalam masakan anda setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *