Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Makanan Berminyak

Konsumsi Makanan Berminyak
Makanan yang diolah dengan digoreng memang lebih gurih dan menggiurkan. Sehingga saat anda menyantap makanan tersebut sampai-sampai anda dibuat lupa akan kesehatan tubuh anda. Ya, terlalu sering makan makanan yang digoreng atau berminyak dapat mengganggu kesehatan tubuh. Hal itu karena makanan berminyak mengandung banyak lemak yang tidak sehat untuk tubuh.

Kandungan lemak yang tidak sehat tersebut jika terlalu sering anda masukan dalam tubuh, maka akan menumpuk atau berakumulasi menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh. Oleh karena itu terlalu sering makan makanan berminyak dapat membahayakan tubuh anda. Bahaya terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak antara lain:

1. Gangguan sistem pencernaan

Anda mungkin pernah mengalami diare atau sakit perut setelah mengonsumsi makanan berminyak. Itu menandakan bahwa kadar lemak yang anda konsumsi sudah berlebihan. Sehingga tubuh kesulitan atau mengalami perlambatan dalam memecah lemak dalam tubuh, akibatnya sistem pencernaan akan terganggu.

2. Sistem imun melemah

Dampak ini cukup berbahaya karena dengan sistem imun yang melemah tubuh akan mudah terkena penyakit. Pada orang yang terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak memiliki sistem imun lemah karena kandungan lemak jahat yang anda dapat dari makanan berminyak telah merusak bakteri baik pada usus yang berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh.

3. Obesitas

Makanan yang berminyak identik sekali dengan obesitas. Oleh karena itu, jika anda sering mengonsumsi makanan berminyak maka resiko anda terkena obesitas akan lebih tinggi. Orang yang obesitas juga memiliki risiko tinggi terkena penyakit degeneratif.

4. Kulit berjerawat

Baik pria maupun wanita pasti sangat tidak suka jika kulitnya berjerawat. Tetapi jika konsumsi harian anda terlalu banyak yang berminyak maka kulit bisa jadi berjerawat. Hal ini terjadi karena terlalu sering makan makanan berminyak akan memicu peningkatan produksi kelenjar minyak yang bisa menyebabkan peradangan atau memicu tumbuhnya jerawat jika kulit tidak terawat atau tidak bersih.

5. Berisiko terkena kanker

Makan makanan berminyak secara berlebihan juga dapat meningkatkan resiko anda terkena kanker, seperti kanker payudara dan kanker ovarium. Mengingat bahwa makanan yang tinggi lemak juga menjadi salah satu faktor predisposisi terjadinya penyakit kanker.

Itulah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari terlalu sering mengonsumsi makanan yang berminyak. Sebenarnya anda boleh saja makan makanan yang berminyak. Asalkan kadarnya wajar sehingga tidak mengganggu kesehatan tubuh. Untuk lebih aman, anda bisa mengonsumsi makanan berminyak yang mengandung lemak sehat seperti ikan dan kacang-kacangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *