Benarkah Minum 8 Gelas Air Mampu Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh?

Benarkah Minum 8 Gelas Air Mampu Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh?

Air merupakan komponen terbesar dalam tubuh yaitu mencapai 60 sampai 70 persen. Komposisi yang besar tersebut tentunya berkaitan dengan fungsinya yang penting bagi tubuh. Air dalam tubuh dapat membantu darah dalam membawa nutrisi ke sel-sel tubuh, membuang racun yang dihasilkan organ tubuh, menciptakan lingkungan lembab bagi telinga, hidung dan tenggorakan. Dengan air, maka organ dalam tubuh anda dapat bekerja dengan baik untuk menjaga kesehatan anda tentunya.

Meski termasuk komponen terbesar dalam tubuh, tubuh anda tidak bisa sepenuhnya secara mandiri memproduksi air sehingga butuh asupan dari luar. Oleh karena itu anda dianjurkan minum air secukupnya agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Saat berbicara kebutuhan cairan tubuh, anda pasti sering mendengar anjuran untuk minum 8 gelas sehari. Namun, benarkah jika minum 8 gelas air dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh?.

Soal kebenaran minum 8 gelas air dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh atau tidak sebenarnya tergantung pada individunya karena masing-masing individu memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan tubuh, aktivitas fisik, indeks masa tubuh, usia, jenis kelamin dan kondisi kesehatan. Namun anda juga tidak harus selalu berpatokan minum 8 gelas sehari, karena bisa jadi 8 gelas air akan membuat anda dehidrasi atau bahkan overhidrasi.

Dehidrasi (kekurangan cairan) dan overdehidrasi (kelebihan cairan) akan berbahaya bagi tubuh anda. Oleh karena itu, sesuaikan kebutuhan cairan tubuh anda dengan cara anda sendiri, misalnya tubuh anda hanya memerlukan 6 gelas air, maka sebaiknya anda minum 6 gelas air saja dalam sehari sehingga kebutuhan cairan tubuh anda akan seimbang dan tidak wajib untuk minum 8 gelas air. Patokan minum 8 gelas air tersebut sering dikumandangkan karena mudah untuk di ingat, sehingga orang sering menggunakan istilah tersebut.

Untuk mengetahui cairan dalam tubuh anda seimbang atau tidak dapat dilihat dari cairan yang masuk dari tubuh anda (input) dan cairan yang keluar dari tubuh (output), keduanya harus seimbang atau sama. Selain itu, keseimbangan cairan tubuh juga dapat dilihat dari warna urine. Jika urine anda berwarna kuning terang dan tidak terlalu berbau, berarti tubuh anda terhidrasi dengan baik atau cairannya cukup. Bila warna urine semakin pekat dan berbau, menandakan tubuh anda kekurangan cairan dan butuh asupan cairan lebih banyak.

Perlu anda ketahui bahwa untuk memenuhi keseimbangan cairan tubuh tidak hanya berasal dari air saja. Anda bisa mendapatkan cairan dari buah atau sayuran. Jadi sebaiknya seimbangkan asupan cairan anda dari air, buah atau sayuran sehingga tubuh anda akan terhidrasi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *