Cara Mudah Mencegah Stroke Sejak Dini

Cara Mudah Mencegah Stroke Sejak Dini

Stroke merupakan kondisi dimana asupan darah yang menuju ke otak berhenti. Hal tersebut dapat disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah dan terjadinya pendarahan di otak. Gejala stroke dapat dilihat dari tubuh yang sering mengalami sakit kepala yang hebat, sulit berbicara, sering merasa pusing, penglihatan yang terganggu dan kesulitan ketika berjalan. Tanpa gejala, stroke juga dapat terjadi secara tiba-tiba. Agar stroke tidak menjadi momok bagi kesehatan Anda, Anda dapat mencegahnya sejak dini. Cara mencegah stroke yang paling dianjurkan adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat.

Menjaga pola makan dengan baik merupakan salah satu cara mencegah stroke yang dapat Anda lakukan. Sumber makanan yang berlemak dan terlalu asin mampu meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah dan menimbulkan tekanan darah tinggi. Kolesterol dan tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya stroke. Guna menghindari stroke, makanan yang kaya serat dan rendah lemak menjadi jenis asupan terbaik yang dapat dikonsumsi. Jangan lupa untuk membatasi mengkonsumsi garam setiap harinya. jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah biji-bijian, sayur-sayuran, dada ayam yang telah dibuang kulitnya dan daging yang rendah lemak. Tidak hanya menjaga pola makan, berikut cara lainnya yang dapat mencegah stroke:

  1. Olahraga secara teratur

Dengan berolahraga secara teratur, jantung dan peredaran darah dapat bekerja dengan baik dan efisien. Kadar kolesterol di dalam tubuh dapat pula diturunkan dengan berolahraga yang cukup. Bagi Anda yang berusia antara 19 hingga 64 tahun, olahraga aerobik selama 150 menit menjadi jenis olahraga yang dianjurkan. Tambah pula dengan olahraga yang dapat melatih otot dengan baik. Yoga, sit-up, bersepeda dan push-up dapat dijadikan olahraga selingan agar otot terasa lebih fleksibel.

  1. Hindari rokok

Stroke dapat dengan mudah dialami oleh mereka yang memiliki kebiasaan merokok. Asap rokok mampu membuat pembuluh darah tersumbat dan darah menggumpal. Dengan tidak merokok, kemungkinan terkena stroke sangat rendah. Tidak hanya menghindari stroke, jantung dan paru-paru akan selalu berada dalam keadaan yang baik jika jauh dari asap rokok.

  1. Menghindari minuman yang mengandung alkohol

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa alkohol memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi alkohol secara rutin dan dalam jumlah besar dapat memicu terjadinya penyakit stroke, darah tinggi dan diabetes. Detak jantung yang tidak teratur menjadi dampak lainnya yang disebabkan oleh minuman beralkohol.

  1. Menghindari penggunaan NAPZA seperti methamphetamine dan kokain

Cara mencegah stroke sejak dini dapat pula Anda lakukan dengan mengkonsumsi bahan-bahan herbal yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. Bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang dapat Anda gunakan untuk mencegah penyakit stroke. Tidak hanya baik untuk mencegah penyakit stroke, bawang putih juga dapat digunakan sebagai koagulan dan menurunkan tekanan darah. Jahe menjadi bumbu dapur lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk mencegah stroke. Ketika Anda mengkonsumsi jahe, darah yang menggumpal dapat diencerkan secara alami. Jahe juga baik bagi penderita kolesterol karena jahe mampu mengurangi kadar kolesterol yang berada di dalam darah. Kunyit masuk ke dalam daftar bumbu dapur yang bermanfaat untuk mencegah stroke. Pembekuan di dalam darah dapat dihindari oleh bumbu dapur yang identik dengan warna kuning ini. Tidak hanya itu, kunyit juga bermanfaat untuk menghilangkan peradangan akibat zat anti radang yang dimiliki oleh kunyit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *