Hati-hati! 5 Makanan Ini Memicu Kanker

Makanan Ini Memicu Kanker

Membicarakan penyakit kanker memang tidak pernah ada habisnya. Kanker masih menjadi penyakit yang menakutkan karena bisa membuat penderitanya meninggal.

Orang yang terkena kanker kebanyakan meninggal karena biasanya kanker yang diderita terdeteksi saat sudah masuk dalam stadium akhir sehingga sulit untuk mematikan sel kanker yang sudah terlanjur menyebar hingga ke organ lain. Sedangkan yang terdeteksi di stadium awal biasanya memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi. Oleh karena itu penting mengetahui kanker sejak dini.

Selain mendeteksi kanker secara dini, melakukan pencegahan juga tak kalah penting. Dengan melakukan pencegahan anda justru akan terhindar dari penyakit mematikan ini. Ada cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah kanker, salah satunya merubah pola makan.

Pola makan yang harus anda ubah tak hanya konsumsi makanan sehat, tapi anda juga perlu tahu bahwa ada makanan yang benar-benar harus anda hindari agar tidak meningkatkan resiko terkena kanker.

Makanan yang anda harus hindari karena dapat memicu tumbuhnya kanket yaitu:

  1. Daging merah

Daging merah baik yang dimasak secara langsung atau diolah menjadi sosis dan lain sebagainya ternyata juga termasuk makanan yang dapat memicu kanker. Daging merah yang dimaksud antara lain daging sapi, domba dan kambing.

2. Gorengan

Tak hanya menyebabkan obesitas, makanan yang tinggi lemak atau gorengan ini juga memicu kanker. Orang yang sering mengonsumsi gorengan lebih berisiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar.

3. Makanan kalengan

Mengonsumsi makanan kalengan memang tidak ribet karena anda hanya perlu menghangatkannya dan setelah itu langsung dimakan. Namun dibalik kemudahan tersebut, ternyata menurut penelitian makanan kalengan ini dapat memicu tumbuhnya kanker karena mengandung BPA (Bisphenol-A) yang dapat merusak DNA manusia. Selain itu makanan kalengan juga mengandung bahan pengawet dan kimia yang tidak baik untuk kesehatan tubuh anda.

4. Minuman beralkohol

Semua minuman beralkohol baik alkohol murni, atau yang dicampur dengan bahan lain dapat meningkatkan resiko anda terkena kanker seperti kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar. Jadi bagi yang sering minum alkohol, mulai jauhi minuman ini jika anda tak mau terkena kanker.

5. Acar

Siapa yang akan menyangka jika ternyata acar juga termasuk makanan yang dapat memicu kanker jika anda konsumsi. Acar bisa meningkatkan resiko kanker khususnya kanker perut. Mulai sekarang kurangi porsi atau frekuensi konsumsi acar.

Itulah beberapa makanan yang harus anda hindari agar tidak berisko terkena kanker. Mengingat bahwa mencegah itu lebih baik dari mengobati, jadi sebaiknya mulai sekarang anda jauhi makanan tersebut demi pencegahan terhadap penyakit kanker.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *