Hati-hati! Ini 6 Penyakit yang menyerang sistem perkemihan

Hati-hati! Ini 6 Penyakit yang menyerang sistem perkemihan

Sistem perkemihan adalah salah satu sistem penting dalam tubuh manusia yang terdiri dari dua ginjal, dua ureter, kandung kemih dan uretra. Di dalam tubuh, sistem perkemihan memiliki fungsi utama yaitu membantu tubuh menyaring dan mengeluarkan zat sisa tubuh. Selain itu, sistem perkemihan juga membantu tubuh mempertahankan keseimbangan air, ion, pH, tekanan darah, kalsium, serta sel darah merah di tubuh anda.

Dalam menjalankan fungsinya, organ sistem perkemihan bisa mengalami permasalahan karena adanya bakteri atau virus yang menyerang. Berikut beberapa penyakit atau masalah pada sistem perkemihan yang bisa terjadi pada pria atau wanita:

  1. Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran perkemihan adalah penyakit dimana bakteri masuk ke saluran kemih. ISK merupakan masalah sistem perkemihan yang paling umum atau banyak dialami orang, namun resikonya lebih tinggi terjadi pada wanita karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek dibandingkan pria sehingga membuat bakteri lebih mudah untuk mencapai kandung kemih sehingga lebih cepat untuk menginfeksi saluran kemih, dibandingkan dengan uretra pria yang panjang.

2. Inkontinensia urine

Inkontinensia urine adalah keadaan dimana anda tidak bisa mengontrol pengeluaran urine atau berkemih. Jadi anda bisa merasa ingin terus berkemih. Penyebabnya berbeda pada wanita dan pria. Pada pria biasanya karena ada pembesaran prostat, sedangkan wanita karena ada dorongan sering berkemih dan kebocoran urin.

3. Interstisial cystitis (IC)

Penyakit ketiga yang dapat menyerang saluran perkemihan adalah intestisial cystitis (IC). Jika mengalami penyakit ini anda akan merasakan nyeri dan tekanan pada kandung kemih serta panggul. Selain itu, saluran kemih yang terkena interstisial cystitis juga akan mengalami kerusakan pada lapisan pelindung kandung kemih dan membuat kandung kemih menjadi kurang elastis.

4. Prostatitis

Penyakit prostatitis bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia (umumnya terjadi pada usia lanjut), nyeri pada panggul dan nyeri ketika buang air kecil, serta jumlah frekuensi kencing. Prostatitis dimanefastikan dengan adanya pembengkakan pada kelenjar prostat pria.

5. Batu ginjal

Batu ginjal juga termasuk penyakit yang banyak dialami pada sistem perkemihan. Tanda dan gejala yang dirasakan penderita batu ginjal adalah rasa sakit pada bagian punggung, dan adanya darah pada urine. Batu ginjal terjadi karena adanya akumulasi dari massa padat pada urine yang menganggu fungsi perkemihan.

6. Gagal ginjal

Gagal ginjal yaitu kondisi dimana ginjal mengalami penurunan fungsi dalam menyaring limbah dari darah. Ini bisa terjadi karena gaya hidup buruk seperti makan makanan yang tidak sehat, sering mengonsumsi alkohol dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *