Inilah Penyakit Yang Sering Dialami Lanjut Usia

Inilah Penyakit Yang Sering Dialami Lanjut Usia
Lanjut usia adalah seseorang yang sudah berumur lebih dari 65 tahun. Saat seseorang mulai masuk dalam usia lanjut biasanya sering dihadapkan dengan beberapa penyakit dikarenakan adanya penurunan fungsi tubuh akibat bertambahnya usia atau usia yang semakin menua.

Penyakit yang diderita oleh lanjut usia bisa tergolong pada penyakit menular atau penyakit tidak menular, tapi di Indonesia berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan pada tahun 2013 menyebutkan bahwa penyakit yang sering dialami lanjut usia di Indonesia antara lain :

1. Hipertensi
Hipertensi atau darah tinggi adalah tekanan darah yang berada di batas normal atau mencapai lebih dari 140/90 mmHg. Pada Riskesdas tahun 2013 penyakit ini menduduki posisi pertama sebagai penyakit yang paling banyak di derita oleh lanjut usia. Secara alami saat usia semakin menua, tekanan darah juga akan ikut meningkatkan, namun hipertensi pada lanjut usia harus diwaspadai karena berisiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, agar tekanan darah tinggi pada lanjut usia tidak berdampak pada gangguan jantung, anda harus melakukan beberapa pencegahan seperti mengurangi asupan garam, olahraga, hentikan merokok dan kontrol berat badan serta minum obat agar hipertensi tidak memburuk.

2. Radang sendi
Selain hipertensi, radang sendi juga termasuk penyakit yang sering dialami lanjut usia. Terbukti radang sendi atau artritis ini masuk dalam posisi kedua penyakit lanjut usia dalam Riskesdas 2013. Lanjut usia yang mengalami radang sendi akan merasakan gejala berupa bengkak pada sendi, nyeri dan kekakuan pada sendi. Rutin berolahraga dan menjaga berat badan akan membantu meringankan radang sendi yang anda derita.

3. Stroke
Stroke merupakan salah satu resiko penyakit yang bisa dialami oleh lanjut usia, apalagi jika anda memiliki riwayat hipertensi. Stroke tergolong dalam penyakit yang berbahaya, oleh karena itu anda perlu mengetahui gejalanya sehingga bisa lebih berhati-hati, karena pertolongan cepat sangat dibutuhkan pada penyakit ini. Jadi apabila anda tahu gejalanya, pertolongan juga bisa cepat. Gejala dari penyakit stroke adalah mati rasa pada wajah, lengan dan kaki (di salah satu sisi tubuh), disertai penurunan penglihatan, sulit bicara, sakit kepala tiba-tiba tanpa sebab dan kehilangan keseimbangan untuk berjalan.

4. Penyakit paru obstruktif kronis
Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang lanjut usia, apalagi bagi anda yang merokok akan memiliki risiko tinggi terserang PPOK. Penyebab umum PPOK yaitu emfisema dan bronkritis kronis. Cara mencegah PPOK yang pasti adalah berhenti merokok.

5. Diabetes melitus
Diabetes melitus bisa diderita segala usia, tapi semakin berisiko bagi lanjut usia. Hal itu karena semakin tua tubuh akan kesulitan menggunakan gula darah secara efisien. Untuk itu anda perlu mengontrol gula darah dalam batas normal sehingga tidak berisiko mengalami diabetes melitus saat lanjut usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *