Kenali Gejala Penyakit Stroke Ringan Supaya Bisa Waspada

Kenali Gejala Penyakit Stroke Ringan Supaya Bisa Waspada

Stroke boleh dikatakan termasuk ke dalam daftar penyakit yang menjadi momok bagi hampir semua orang. Sebagai salah satu penyakit yang membahayakan, sudah barang tentu siapa saja yang memiliki potensi untuk terserang penyakit ini wajib untuk waspada. Meskipun hanya stroke ringan, namun ada baiknya tidak boleh dianggap remeh. Alasannya adalah meskipun stroke yang diderita masih masuk ke dalam kategori stroke ringan, namun tetap saja bisa menjadi parah jika dibiarkan berkembang terus. Gejala penyakit stroke ringan pada dasarnya tidak terjadi dalam waktu yang lama. Justru sebaliknya, gejalanya berlangsung hanya dalam waktu singkat saja.

Meskipun secara umum Gejala penyakit stroke ringan hanya akan terjadi selama beberapa saat, namun kewaspadaan akan serangan ulang penyakit ini tetap harus diwaspadai. Berikut merupakan tanda-tanda penyakit stroke ringan yang wajib diwaspadai:

  • Gejala pertama adalah adanya kelumpuhan pada beberapa bagian tubuh seperti pada bagian wajah, kaki dan tangan namun sebagian. Durasi kelumpuhan pada sebagian tubuh ini terjadi dalam waktu hanya sesaat saja, namun tetap hal ini harus ditandai sebagai sebuah gejala penyakit yang cukup berbahaya. Kelumpuhan sementara sudah menjadi pertanda bahwa di dalam otak sudah terjadi sebuah penyumbatan aliran darah. Penyumbatan aliran darah seperti ini sebenarnya sudah menjadi awal yang membahayakan. Sehingga penyumbatan tidak terlalu banyak, namun ternyata bisa melumpuhkan sejenak bagian tubuh tertentu.
  • Gaya bicara yang sudah mulai sedikit kacau. Kacau dalam arti berbicara sudah mulai sedikit tidak mudah dimengerti oleh orang lain. Tidak dapat memahami kata-kata yang disampaikan oleh orang lain. Kemudian ada juga beberapa orang yang mulai berbicara dengan gaya yang cadel. Penyebabnya jelas bahwa aliran darah ke otak yang berfungsi untuk memahami kata-kata sudah mulai terhambat. Penyumbatan otak pada bagian tubuh yang mengkoordinir bicara membuat orang yang mengalaminya sulit untuk berbicara lancar seperti biasanya. Apabila hal ini sudah pernah terjadi, maka ada baiknya pantas waspada dengan cara mulai menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah kambuh kembali.
  • Sakit kepala yang cukup berat hingga berakhir pada hilangnya keseimbangan tubuh. Sakit kepala banyak yang beranggapan bahwa merupakan penyakit biasa saja. Pada orang yang normal, anggapan ini tidak salah. Namun bagi orang yang berpotensi mengalami gangguan akibat penyakit stroke, sakit kepala yang berat wajib untuk diwaspadai. Apabila durasi sakit kepala serta intensitas sakit kepala yang diderita sudah mulai berat, maka ada baiknya segera lakukan pemeriksaan diri ke dokter. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa sakit kepala tersebut bisa segera tertangani dengan baik. Sebab bisa jadi sakit kepala yang dialami merupakan pertanda bahwa di otak sedang terjadi gangguan seperti adanya sumbatan yang berakhir dengan tubuh yang tidak bisa menjaga keseimbangan diri.

Boleh dikatakan bahwa Gejala penyakit stroke ringan memang tergolong tidak bisa dibedakan dengan penyakit biasa lainnya, akan tetapi apabila durasi serta intensitas gejala ataupun sakit pada bagian tubuh tertentu dengan intensitas yang sangat berat bahkan tidak biasa dialami, maka segera lakukan pemeriksaan diri agar segera mendapatkan pertolongan medis. Minimal dengan berkonsultasi ke dokter gejala penyakit yang dialami akan diketahui penyebabnya. Jangan sampai terlambat untuk menangani penyakit stroke meskipun tergolong ringan sekalipun. Sebab jika tidak segera dilakukan penanganan secara serius, bisa jadi penyakit ini akan menjadi semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *