Konsumsi 7 Buah Penurun Kolesterol Tinggi

Buah Penurun Kolesterol Tinggi

Kolesterol yang terlalu tinggi berisiko meningkatkan anda untuk mengalami penyakit jantung karena dapat menghambat aliran darah pada tubuh anda. Sehingga bagi penderita kolesterol tinggi mencari cara untuk menurunkan kolesterol sangat mereka butuhkan agar tidak terkena resiko tersebut. Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi.

Meski termasuk dalam pengobatan yang alami, banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan yaitu buah-buahan ini mudah di dapatkan, lebih murah dan tentunya memiliki efek yang sama seperti pengobatan medis yaitu membantu menurunkan kolesterol yang tinggi.

Berikut beberapa buah-buahan yang dapat anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol tinggi:

1. Alpukat

Masyarakat biasanya justru menjauhi buah alpukat karena terkenal mengandung lemak. Tapi jangan salah, justru lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak baik yang mampu menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Jadi mulai sekarang jangan menghindari buah alpukat lagi karena anda akan kehilangan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

2. Buah berry

Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis buah berry seperti stroberi, blueberry dan blackberry untuk menurunkan kolesterol tinggi. Aneka buah berry dapat menurunkan kolesterol tinggi karena mengandung antioksidan. Selain menurunkan kolesterol jahat, antioksidan dalam buah berry juga dapat mencegah penumpukan plak pada arteri.

3. Mangga

Mangga dapat anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol karena pada dasarnya vitamin C pada mangga dapat mencegah penyebab utama terjadinya penimbunan kolesterol jahat pada pembuluh darah Anda.

4. Jeruk

Buah dengan kandungan vitamin C lainnya yang juga dapat menurunkan kolesterol tinggi adalah jeruk nipis dan lemon. Pada lemon, selain mengandung vitamin C juga mengandung antioksidan yang mampu mengurangi produksi apo-B.

5. Jambu biji merah

Bagi anda yang suka mengonsumsi jus khususnya jus jambu biji merah maka anda beruntung karena jambu biji merah dapat menurunkan kolesterol tinggi sebanyak 53 sampai 83 persen. Hal ini terjadi karena jambu biji merah mengandung flavonoid yang mampu menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida.

6. Anggur

Selain jambu biji merah, anggur juga termasuk buah yang mengandung flavonoid. Sehingga anggur bisa menjadi alternatif buah untuk menurunkan kolesterol tinggi. Anggur juga bermanfaat menaikkan kolesterol baik atau HDL.

7. Apel

Apel juga tak ketinggalan termasuk dalam buah yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Apel mampu menurunkan kolesterol tinggi karena mengandung zat beta-glucan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *