Kurang Nyaman dengan Bekas Luka Bakar? Hilangkan dengan Cara Alami Ini

Bekas Luka Bakar

Luka bakar adalah suatu luka yang terjadi karena adanya cedera yang disebabkan oleh panas, listrik, zat kimia, gesekan atau radiasi. Bekas luka bakar memang berbeda dari bekas luka lainnya karena lebih susah untuk dihilangkan. Sehingga anda merasa tidak nyaman dengan susahnya menghilangkan bekas luka tersebut secara tidak langsung akan menurunkan kepercayaan diri anda apalagi jika bekas luka terletak dibagian tubuh yang tidak tertutup baju. Pasti sangat menganggu.

Ketidaknyamanan tersebut pasti membuat anda mencari berbagai cara agar bisa menghilangkan bekas luka bakar pada tubuh anda. Pada dasarnya untuk menghilangkan bekas luka bakar, anda terlebih dahulu harus mengetahui luka bakar anda termasuk dalam derajat berapa karena dapat menentukan cara yang tepat untuk menghilangkan atau menyembuhkannya.

Ada 3 macam derajat atau tingkat luka bakar. Tingkat pertama yaitu luka hanya timbul di permukaan kulit atas, biasanya akan terasa nyeri ringan dan warnanya merah, dan termasuk luka ringan yang bisa sembuh tanpa bekas luka selama 6 hari dengan penangananan yang tepat.

Tingkat kedua yaitu luka bakar yang kerusakannya sudah masuk bagian dermis kulit. tak hanya memerah dan nyeri, pada tingkat ini kulit anda melepuh. Tingkat dua luka bakar bisa meninggalkan bekas luka. Untuk tingkat ketiga luka bakar, lukanya memiliki ciri-ciri seperti kerusakan kulit sudah mencapai ke tulang dan tendon serta pengobatan hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis.

Setelah mengetahui tingkatan dari luka bakar, anda bisa menggunakan berbagai metode pengobatan yang sesuai. Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mengobati luka bakar khususnya untuk menghilangkan bekas luka, anda bisa menggunakan cara pengobatan yang alami, cara alami menggobati bekas luka bakar secara alami antara lain:

1. Lidah buaya

Lidah buaya akhir-akhir ini sedang menjadi trend dalam dunia kecantikan. Dan ternyata lidah buaya juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar secara alami. Untuk menghilangkan bekas luka bakar anda bisa menggunakan gel atau getah dalam lidah buaya.

2. Minyak lavender

Untuk menggunakan minyak lavender sebagai pengobatan luka bakar, anda bisa mencampurkan 1-2 tetes minyak lavender dengan minyak lain seperti minyak zaitun agar mengurangi efek yang tidak nyaman. Penggunaan minyak lavender untuk luka bakar akan membantu menyembuhkan luka bakar dari mengurangi rasa sakit hingga menghilangkan bekas luka.

3. Madu

Madu memang terkenal multifungsi, bisa digunakan sebagai campuran makanan hingga menjadi obat alami. Salah satu fungsi madu sebagai obat adalah membantu menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka bakar karena memiliki sifat antiradang dan antibakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *