Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan

Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kecombrang. Banyak olahan makanan yang menggunakan campuran kecombrang di dalamnya. Seperti urap, sambal dan lain sebagainya. Selain sebagai bahan makanan, ternyata kecombrang juga baik untuk kesehatan anda. Bahkan kecombrang ini mulai dari batang sampai bungannya bisa digunakan sebagai masakan dan juga untuk kesehatan tubuh.

Kecombrang baik untuk kesehatan karena kaya akan zat gizi berupa air, fosfor, karbohidrat, kalsium, kalium, protein, lemak, seng dan zat besi. Manfaat kesehatan dari bunga kecombrang yang bisa anda dapatkan antara lain:

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kecombrang memiliki manfaat untuk mencegah kanker karena mengandung banyak antioksidan. Dengan antioksidan kecombrang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, antioksidan pada bunga kecombrang juga bermanfaat untuk menangkal kerusakan sel dalam tubuh dan pertumbuhan bakteri.

2. Menyembuhkan batuk

Selain antioksidan, kecombrang juga bisa digunakan sebagai obat batuk. Untuk obat batuk gunakan bagian batang kecombrang, lalu tumbuk dan peras. Selanjutnya minum perasan batang kecombrang dengan campuran air putih dan sedikit gula agar anda bisa minum dengan nyaman.

3. Baik untuk kesehatan kulit

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit, solusinya adalah atasi dengan kecombrang. Kecombrang dapat membantu menyembuhkan masalah kulit seperti cacar, campak dan penyakit kulit lainnya.

4. Mengatasi bau badan

Bau badan memang menjadi masalah yang sulit diselesaikan bagi beberapa orang. Jika anda termasuk yang memiliki bau badan , anda bisa sering mengonsumsi makanan dengan campuran kecombrang. Kecombrang mampu mengatasi bau badan karena mengandung zat yang mampu menghilangkan bau badan seperti flavonida, Saponin dan polifenol. Sehingga anda bisa tampil lebih percaya diri setelah bau badan hilang, serta orang lain juga menjadi lebih nyaman saat dekat dengan anda.

5. Mengatasi mual dan nyeri

Kecombrang bisa digunakan untuk mengatasi mual khususnya pada ibu hamil. Selain itu, kecombrang juga bermanfaat bagi wanita yang sedang menstruasi. Kecombrang akan membantu meredakan nyeri saat menstruasi dan juga kram perut.

Itulah beberapa manfaat kecombrang bagi kesehatan. Meski memiliki rasa yang menyegarkan, ada beberapa orang yang tidak bisa untuk makan kecombrang. Bagi anda yang tidak suka makan kecombrang, mulai sekarang coba untuk sedikit makan kecombrang, karena anda tentunya tidak mau ketinggalan manfaat dari tanaman ini bukan?. Tapi jika memang benar-benar tidak bisa makan kecombrang, jangan dipaksa. Anda bisa mendapatkan zat gizi tersebut dari sumber makanan lain yang tak kalah dengan kecombrang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *