Segudang Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan

Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan

Bekicot merupakan salah satu hewan yang sering ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Banyak yang menganggap remeh bekicot karena wujudnya. Bagi yang tidak suka pasti akan bilang menjijikan.

Tapi anda jangan salah, tunggu dulu. Meski penampakannya seperti itu. Bekicot memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh anda.

Adapun manfaat bekicot bagi kesehatan tubuh antara lain:

1. Sebagai antibodi

Bekicot bisa bermanfaat sebagai antibodi karena mengandung protein hingga 12 gram per 100 gram. Selain sebagai antibodi, protein dalam bekicot juga bermanfaat untuk menyembuhkan jaringan yang terluka dan juga sebagai sumber energi.

2. Membantu proses pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh

Dengan kadar asam amino dalam daging bekicot, bekicot memiliki manfaat bagi tubuh untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh mulai dari memperbaiki jaringan tubuh hingga sebagai sumber energi tubuh lebih baik.

3. Baik untuk sel darah

Zat besi sangat identik dengan peningkat atau memperbaiki peredaran darah, dan ternyata di dalam bekicot juga mengandung zat besi yang baik dan penting untuk membangun sel darah merah dan mengedarkan energi ke seluruh tubuh. Sehingga anda tidak mudah kelelahan dan terhindar dari anemia.

4. Membantu produksi kalsium bikarbonat

Kalsium banyak terkandung di cangkang bekicot. Selain dagingnya cangkang bekicot juga memiliki manfaat karena memiliki mineral lain seperti kalsium karbonat yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kalsium bikarbonat.

5. Menjaga kesehatan sel darah merah

Bekicot baik untuk sel darah merah karena mengandung Vitamin B12 yang dibutuhkan dalam proses pembuatan sel darah merah. Vitamin B12 pada bekicot juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf, memproses asam folat dan melepas energi dari makanan yang telah diolah tubuh.

6. Menstabilkan tekanan darah

Bagi anda yang memilki masalah hipertensi, ternyata bekicot bisa menjadi solusi untuk mengatasi tekanan darah anda karena bekicot merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium dalam bekicot dapat membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah tetap normal serta memperkuat tulang dan menjaga irama jantung tetap teratur.

7. Menurunkan resiko terkena penyakit jantung

Bekicot mampu membantu menurunkan resiko anda untuk terkena penyakit jantung karena mengandung omega-3. Omega-3 adalah nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Jentang yang sehat tentunya akan terhindar dari berbagai serangan penyakit jantung.

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari bekicot. Jadi mulai sekarang jangan anggap sebelah mata bekicot karena anda akan rugi dengan segudang manfaat yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *