Sering Lembur? Ini Bahayanya Bagi Tubuh

Sering Lembur? Ini Bahayanya Bagi Tubuh

Lembur adalah kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang, baik anak sekolah sampai pekerja kantoran. Banyak alasan yang mendasari seseorang lembur, bisa jadi karena ingin mengurangi beban kerja keesokan harinya atau bahkan karena sudah dikejar deadline namun tugas tak kunjung selesai. Sehingga memutuskan untuk lembur.

Lembur atau overwork memang membantu mempercepat penyelesaian tugas, namun secara tidak langsung terlalu sering lembur justru akan berbahaya bagi kesehatan tubuh anda karena banyak sekali dampak negatif yang terjadi pada individu yang sering lembur. Bagi anda yang sering lembur, sebaiknya berhati-hati karena ini dapat memberikan dampak buruk pada tubuh seperti berikut ini:

1. Lelah yang berlebihan

Sudah jelas sekali jika sering lembur akan membuat anda merasa lelah dan lemas karena waktu tidur anda berkurang. Padahal rasa lelah akibat lembur tersebut juga dapat menyebabkan dampak negatif lainnya seperti penurunan kemampuan berpikir, dan anda akan kesulitan fokus dalam melakukan suatu pekerjaan.

2. Meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke

Orang yang sering lembur akan memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung dan stroke. Hal itu karena saat lembur akan membuat tingkat stress anda lebih tinggi, dan stress merupakan salah satu penyebab seseorang dapat terkena penyakit jantung atau stroke. Selain itu, anda juga berisiko tinggi terkena diabetes.

3. Menyebabkan depresi

Tak hanya meningkatkan stress, sering lembur juga bisa membuat anda mengalami depresi. Depresi terjadi pada anda yang sering lembur karena saat lembur tentunya jam kerja anda akan lebih lama sehingga membuat anda tidak senang, akhirnya anda mulai merasa depresi dengan rutinitas tersebut.

4. Terkena hipertensi

Anda yang sering lembur berisiko terkena hipertensi bahkan dua kali lipat dari orang yang tidak sering melakukan aktivitas lembur. Hipertensi bisa terjadi karena pekerjaan itu sendiri atau karena gaya hidup anda yang tidak sehat.

5. Gangguan mata

Bahaya lain yang bisa terjadi jika anda sering lembur adalah gangguan mata. Apalagi bagi anda yang bekerja menggunakan komputer. Lembur dengan terlalu lama menatap layar komputer akan mengganggu kesehatan mata. Salah satu dampaknya mata anda menjadi minus.

6. Kematian

Bahaya paling menakutkan dari sering lembur adalah menyebabkan kematian. Kenapa sering lembur menyebabkan kematian?. Kematian pada orang yang sering lembur bisa terjadi karena komplikasi dari berbagai penyakit yang disebabkan lembur yang pada akhirnya menyebabkan kematian. Selain itu, kematian mendadak juga bisa terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *