Sering Mimisan Tanda Penyakit Kanker

mimisan tanda kanker

Epistaksis atau lebih dikenal dengan mimisan adalah keluarnya darah dari hidung akibat ada pembuluh darah yang pecah. Setidaknya sekali dalam seumur hidup anda pasti pernah merasakan mimisan. Sekali atau dua kali mimisan itu mungkin normal, tapi jika terlalu sering mimisan juga berbahaya bagi anda.

Orang yang sering mengalami mimisan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti udara yang kering, penggunaan obat pengencer darah, adanya cedera pada hidung, dan masalah kesehatan pada tubuh anda. Dari penyebab sering mimisan tersebut, yang cukup mengkhawatirkan adalah jika mimisan yang anda alami karena tubuh anda mengalami masalah kesehatan. Kenapa mengkhawatirkan?.

Mimisan yang disebabkan masalah kesehatan mengkhawatirkan karena sering mimisan bisa jadi menandakan anda terkena penyakit kanker. Meski bukan menjadi penentu, sering mimisan adalah manifestasi klinis dari ketiga jenis penyakit kanker berikut ini:

1. Leukimia

Leukimia merupakan salah satu penyakit kanker yang berbahaya. Penyakit kanker sel darah putih ini bekerja dengan menghambat sel darah putih untuk melawan infeksi sehingga dapat menurunkan imunitas tubuh. Imunitas tubuh yang menurun akan sangat berbahaya karena anda jadi mudah terserang penyakit. Mimisan adalah salah satu tanda adanya penyakit leukimia pada tubuh anda, tapi mimisan pada leukimia biasanya frekuensinya lebih sering dibanding orang yang sehat. Selain sering, perdarahannya juga sulit dihentikan.

2. Kanker nasofaring

Mimisan terjadi di hidung, maka kanker nasofaring tidak akan jauh dari daftar penyakit kanker yang ditandai dengan epistaksis ini. Kanker nasofaring terjadi pada bagian faring yang terletak di belakang hidung. Tak hanya mimisan saja yang menandakan kanker nasofaring. Biasanya penderita kanker nasofaring akan merasakan gejala lain seperti keluarnya ingus yang disertai bercak darah.

3. Limfoma

Limfoma memiliki dua jenis yaitu penyakit hodgkin limfoma dan non-hodgkin limfoma. Limfoma juga merupakan kanker yang menghambat sel darah putih melawan infeksi, namun limfoma ini berkembang pada limfosit yaitu salah satu tipe dari sel darah putih. Limfoma dapat terjadi di semua bagian tubuh, dan jika terjadi pada hidung maka anda akan sering mengalami mimisan.

Itulah beberapa penyakit kanker yang bisa menyerang tubuh anda jika sering mengalami mimisan. Jika anda sering mimisan maka perlu hati-hati. Periksa ke dokter untuk mengetahui secara pasti apakah mimisan yang anda alami itu normal atau karena adanya salah satu dari ketiga kanker yang dijelaskan di atas. Sehingga anda akan mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *