Stop Konsumsi 8 Makanan Ini Bagi Penderita Diabetes

Stop Konsumsi 8 Makanan Ini Bagi Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis dimana kadar gula darah anda berada di atas batas normal. Seseorang bisa terkena penyakit ini karena berbagai faktor seperti genetik atau keturunan, obesitas atau gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Penyakit diabetes memiliki kemungkinan kecil untuk sembuh, namun anda jangan khawatir. Untuk tetap hidup sehat meski terkena diabetes, anda bisa memperbaiki kualitas hidup dengan mengubah gaya hidup atau kebiasaan. Salah satu kebiasaan yang bisa di ubah yaitu dengan menjaga asupan makanan.

Untuk menjaga asupan makanan sehari-hari pada penderita diabetes, anda perlu menghindari beberapa makanan yang dapat memperburuk kondisi diabetes anda. Makanan yang perlu dihindari bagi penderita diabetes antara lain:

1. Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana

Anda perlu menghindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana karena makanan-makanan tersebut hanya mengandung sedikit serat dan akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Akibatnya gula darah justru akan meningkat. Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana yang perlu anda hindari contohnya roti putih, pasta tepung terigu dan nasi. Bagi anda yang kesulitan untuk tidak makan nasi, anda bisa mengganti dengan makanan kaya serat dan protein, sehingga perut tetap kenyang meski tidak mengonsumsi nasi dan tentunya aman bagi kadar gula darah anda.

2. Minuman bersoda dan pemanis

Minuman bersoda tidak baik bagi penderita diabetes karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. Dalam minuman soda kemasan 350 ml, kandungan gulanya dapat mencapai 38 gram. Selain minuman bersoda, anda juga perlu menghindari pemanis seperti sirup agave, madu dan sirup maple. Meski termasuk dalam pemanis alami pengganti gula, ketiga pemanis tersebut berbahaya bagi penderita diabetes karena mengandung gula lebih dari 12,6 gram per satu sendok makan.

3. Kentang goreng

Kentang goreng merupakan salah satu cemilan favorit masa kini. Tapi sayangnya anda harus rela menghindari makanan ini agar tidak meningkatkan kadar gula darah tubuh anda. Kentang goreng perlu dihindari karena mengandung karbohidrat tinggi dan juga aldehida yang terbentuk dari hasil pengorengan kentang. Kedua zat tersebut dapat memicu perkembangan dari penyakit diabetes.

4. Kopi dengan toping

Bagi anda yang sering minum kopi dengan tambahan toping seperti whipped cream, karamel dan lain sebagainya namun menderita diabetes, sebaiknya hindari minum kopi dengan cara seperti ini. Anda masih diperbolehkan minum kopi atau kopi akan tetap aman pada penderita diabetes jika tanpa toping atau minum saja kopi hitam.

5. Makanan kemasan tinggi karbohidrat

Makanan kemasan jenis ini tentu akan berbahaya bagi gula darah karena tinggi karbohidrat. Jadi saat membeli makanan kemasan perhatikan kandungan karbohidrat nya. Jika terlalu tinggi jangan dibeli. Contoh makanan kemasan tinggi karbohidrat yaitu keripik kentang dan biskuit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *