Swedish Massage Penurun Hipertensi

Swedish Massage Penurun Hipertensi
Hipertensi atau darah tinggi adalah tekanan darah yang berada di batas normal atau mencapai lebih dari 140/90 mmHg. Pada Riskesdas tahun 2013 penyakit hipertensi menduduki posisi pertama sebagai penyakit terbanyak khususnya pada lanjut usia. Namun, tak terkecuali pada usia dewasa seseorang juga banyak yang mengalami hipertensi.

Memang hipertensi lebih banyak diderita lanjut usia, tapi apabila gaya hidup anda kurang sehat, hipertensi bisa terjadi lebih awal sebelum usia anda masuk lanjut usia. Apabila anda sudah terkena hipertensi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol atau menurunkan kadar tekanan darah yang terlalu tinggi.

Menjaga asupan nutrisi seperti mengonsumsi makanan rendah garam bisa menjadi salah satu cara untuk membantu menurunkan hipertensi. Selain itu, menurut penelitian yang di terbitkan di Journal of Chinese Medicine dengan judul Pengaruh clinical massage atau terhadap penurunan hipertensi menyatakan dengan melakukan clinical massage atau yang dikenal juga dengan pijat swedish satu kali dalam sehari dapat membantu menurunkan hipertensi.

Terapi pijat dapat menurunkan hipertensi karena ketika anda stress atau panik, sistem saraf simpatik menjadi aktif dan menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengerut. Akibatnya aliran darah yang menuju ke otak, jantung dan anggota tubuh lainnya berkurang. Hal itulah yang membuat tubuh secara fisiologis merespon untuk meningkatkan tekanan darah. Saat tekanan darah meningkat dan diberi pijatan seperti pijat swedish tubuh anda akan menjadi rileks. Efek rileks dari pijat swedish akan membuat saraf simpatik lebih tenang sehingga aliran pada pembuluh darah akan lebih terbuka dan lancar. Tekanan darah anda juga akan kembali normal.

Pijat swedish adalah pijat yang dikembangkan oleh seorang dokter swedia bernama Per Henrik Ling pada tahun 1700. Pijat ini terdiri dari beberapa teknik yang dirancang khusus untuk merelaksasi otot. Ada beberapa teknik dalam pijat swedish, antara lain:

1. Teknik effleurage
Teknik effleurage adalah teknik yang dilakukan dengan memberikan usapan pada daerah pijatan. Sebelum memijat gunakan atau basahi tangan anda dengan minyak zaitun atau minyak pijat.

2. Remasan
Yaitu gerakan meremas menggunakan tangan, jempol atau jari.

3. Gesekan
Berikan tekanan pada beberapa titik tubuh menggunakan tangan.

4. Vibrasi
Vibrasi atau getaran adalah teknik memijat dengan gerakan osulasi yang menggetarkan tubuh anda.

5. Perkusi
Teknik ini dilakukan dengan cara memberi tepukan ringan dan cepat.

6. Pasif dan aktif
Teknik yang terakhir adalah gerakan pasif dan aktif. Pada teknik ini anda perlu melakukan pelenturan dan peregangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *