Tips Tetap Bugar Meski Sudah Lanjut Usia

Tips Tetap Bugar Meski Sudah Lanjut Usia

Saat usia sudah menginjak 65 tahun ke atas tubuh semakin rentan untuk terkena penyakit, mulai dari yang tidak menular hingga menular.

Rentannya lanjut usia untuk terkena penyakit atau gangguan kesehatan terjadi karena adanya penurunan fungsi dari organ-organ dalam tubuhnya. Tapi, meskipun secara fisiologis ada penurunan fungsi organ, tidak menutup kemungkinan meski sudah lanjut usia anda tetap bugar atau sehat.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tubuh tetap sehat meski sudah lanjut usia, sehingga penyakit tak menyerang anda. Berikut tips-tips menjaga kebugaran untuk lanjut usia:

1. Perbaiki pola makan

Makanan yang anda konsumsi sehari-hari juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Jika ingin tetap sehat selama usia lanjut, sebaiknya perbaiki pola makan anda dengan makan makanan yang bergizi. Selalu mengonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang tepat dapat membantu anda tetap sehat.

2. Rajin berolahraga

Selain makan makanan yang bergizi, anda juga perlu berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dan bersepeda. Dengan berolaraga aliran dalam tubuh menjadi lancar sehingga anda akan terhindar dari penyakit jantung dan darah tinggi yang sering di alami usia lanjut. Selain itu olahraga juga dapat menjaga berat badan anda ideal, berat badan ideal saat lanjut usia juga membantu menurunkan risiko terkena obesitas dan gangguan jantung.

3. Hilangkan kebiasaan merokok

Selain olahraga dan pola makan sehat, beberapa kebiasaan buruk juga harus anda hentikan jika ingin sehat di usia lanjut. Kebiasaan tersebut seperti merokok, dan anda juga perlu hindari stress, dan hindari begadang.

4. Rutin cek kesehatan

Selain melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas, anda juga perlu melakukan cek kesehatan secara teratur. Dengan rajin memeriksakan kesehatan anda bisa mengetahui kondisi tubuh dan dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit yang berisiko anda alami.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk tetap sehat di usia lanjut. Semoga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari anda sehingga tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *