Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

Di awal tahun ini, Indonesia sedang dalam musim penghujan. Sehingga setiap hari dari pagi hingga malam pasti tak lepas dari hujan. Selain menimbulkan masalah lingkungan seperti banjir, hujan terus-menerus juga bisa membahayakan kesehatan anda, jika tak menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Masalah kesehatan yang sering terjadi saat musim hujan yaitu seperti flu, hipertermi atau bahkan bisa jadi anda terkena demam berdarah dan masih banyak lagi. Agar tidak terkena masalah kesehatan tersebut, anda harus mempersiapkan dan menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan dengan tips berikut ini:

1. Selalu sedia payung

Benar kata pepatah bahwa anda harus sedia payung sebelum hujan jika anda nantinya tak mau basah kuyup hanya karena lupa tak membawa payung. Apalagi bagi anda pejalan kaki, payung adalah item wajib yang harus anda bawa saat musim hujan sehingga bisa melindungi anda dari air hujan. Karena kehujanan juga bisa membuat anda flu dan lain sebagainnya. Jika anda pengendara motor anda harus menyediakan jas hujan.

2. Gunakan baju yang hangat

Saat musim hujan, anda harus menggunakan baju yang hangat karena dapat menjaga tubuh anda dari udara dingin saat hujan yang tentunya berbahaya bagi kesehatan. Anda bisa menggunakan pakaian hangat seperti sweater, baju rajut, dan jaket.

3. Selalu jaga kesehatan lingkungan

Jika anda sakit saat musim hujan, bisa jadi penyebabnya dari lingkungan yang tidak bersih. Oleh karena itu anda perlu menjaga lingkungan tetap sehat di musim hujan. Caranya bersihkan lingkungan yang memiliki risiko menjadi sarang untuk kuman dan bakteri penyebab penyakit berkembang disitu, mengolah sampah dengan baik, menutup lubang yang membuat air hujan tergenang, dan lain sebagainya.

4. Jaga asupan makanan

Hujan yang dingin memang sangat nikmat jika didampingi makan makanan yang hangat. Dan ternyata kebiasaan tersebut dapat membantu anda tetap sehat di musim hujan. Hal itu karena makanan yang hangat akan membantu tubuh tetap hangat. Selain dianjurkan konsumsi makanan hangat di musim hujan, anda juga perlu mengonsumsi vitamin tambahan terutama vitamin C karena baik untuk menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh anda. Tak harus vitamin C saja, anda juga boleh mengonsumsi vitamin lain sesuai kebutuhan anda.

5. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Selain mengonsumsi makanan yang benar dan baju hangat, untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan anda juga perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Anda tetap perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh meski tak haus karena tubuh anda tetap butuh asupan cairan yang cukup saat hujan atau bisa saja anda mengalami dehidrasi jika jarang minum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *