Waspada 5 Gangguan Psikologi Ini Tanpa Disadari Banyak Terjadi

Gangguan Psikologi

Orang dikatakan sehat jika kedua hal baik fisik maupun mental dalam keadaan baik. Jika salah satunya terganggu, maka anda termasuk sedang tidak sehat atau sakit.

Dewasa ini tak hanya sakit fisik saja yang terjadi. Karena stressor baik dari internal ataupun eksternal semakin meningkat, panyakit mental atau psikologis juga mengalami peningkatan penderita.

Mungkin anda sudah kenal dengan gangguan mental seperti depresi, ansietas dan lain sebagainya. Tapi ternyata ada gangguan mental lainnya yang justru lebih berbahaya karena tanpa anda sadari mungkin ada pada diri anda.

Ada 5 gangguan mental atau psikologi yang terjadi tanpa disadari oleh penderitanya. Gangguan psikologi tersebut antara lain:

1. Cheropobia

Anda pasti tahu bahwa siapa saja pasti ingin hidupnya bahagia. Tetapi ternyata berbeda pada penderita cheropobia, mereka justru merasa takut jika bahagia. Kenapa bisa?, Ya mereka merasa takut dengan kebahagian karena bahagia bagi mereka adalah sesuatu yang sesaat dan sesuatu hal yang akan mendatangkan hal buruk setelahnya. Trauma fisik dan psikis masa lalu merupakan penyebab dari gangguan cheropobia. Mereka akan menghindari hal yang membuat mereka merasa bahagia.

2. Erotomania

Erotomania merupakan gangguan delusional dimana penderitanya akan merasakan jatuh cinta hanya satu sisi. Maksudnya penderita erotomania akan menganggap bahwa orang lain mencintainya meski itu hanya anggapannya saja dan sebenarnya orang lain tak jatuh cinta padanya. Erotomania ini lebih sering menyerang wanita. Erotomania bisa menjadi berbahaya hingga penderitanya melakukan hal yang buruk seperti menguntit atau bahkan melakukan tindak kekerasan pada pria atau wanita yang ia anggap ada rasa cinta dengannya.

3. Doromania

Orang yang terkena gangguan doromania biasanya akan sering atau senang memberikan hadiah pada orang lain. Umumnya orang memberikan hadiah agar penerimanya merasa bahagia. Tapi penderita doromania memiliki tujuan lain yaitu agar dia mendapatkan pujian atau tujuan tertentu dari orang yang menerimanya atau orang sekitar. Dan mengerikannya orang dengan doromania rela menghabiskan harta atau berhutang demi memberikan hadiah untuk orang lain dan mencapai keinginannya.

4. Narsistik

Orang yang gemar foto belum menjadi jaminan ia mengalami narsistik. Orang dikatakan mengalami narsistik jika mengalami tanda seperti apatis, tidak memiliki empati, dan kagum terhadap dirinya sendiri, ia merasa dirinya merupakan orang yang paling penting dibanding orang lain. Meski terlihat memiliki kepercayaan diri tinggi, sebenarnya orang narsistik juga bisa sangat down saat ia mendapat kritik dari orang lain.

5. Ablutomania

Ablutomania adalah gangguan psikologis dimana penderitanya terobsesi untuk terus mencuci tangan hingga 20-30 kali per hari. Alasannya karena ingin menghilangkan kuman pada tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *