3 Cara Untuk Mengobati Diabetes Mellitus Gestasional

3 Cara Untuk Mengobati Diabetes Mellitus Gestasional
Saat hamil ibu akan mengalami perubahan yang cukup banyak baik secara fisik maupun psikologis karena berkaitan dengan adanya perubahan hormonal. Dari perubahan tersebut tak jarang bahkan membuat anda mengalami komplikasi karena kurang bisa menjaga kesehatan tubuh selama kehamilan.

Salah satu komplikasi atau penyakit yang bisa dialami oleh ibu hamil adalah diabetes mellitus gestasional. Diabetes mellitus gestasional adalah meningkatnya kadar gula darah ibu hamil dan melebihi kadar normal gula darah selama kehamilan. Ibu hamil bisa terkena diabetes mellitus gestasional disebabkan oleh riwayat kesehatannya berupa pernah mengalami diabetes mellitus pada kehamilan sebelumnya, ada keturunan atau keluarga yang menderita diabetes mellitus dan lain-lain.

Jika ibu hamil terkena diabetes mellitus gestasional, anda harus berhati-hati karena ini berbahaya. Bahaya yang bisa ditimbulkan dari diabetes mellitus gestasional adalah melahirkan dengan cara operasi caesar, menyebabkan keguguran, melahirkan prematur, tekanan darah tinggi, meningkatkan risiko diabetes mellitus gestasional pada kehamilan berikutnya dan ibu berisiko mengalami diabetes mellitus tipe 2 setelah melahirkan.

Bahaya dari diabetes mellitus gestasional memang mengkhawatirkan, oleh karena itu jika anda mengalami diabetes mellitus gestasional harus segera diobati.

Untuk mengobati diabetes mellitus gestasional anda bisa melakukan terapi seperti berikut ini:

1. Terapi diet
Terapi diet yang dimaksud yaitu dengan mengonsumsi makanan yang aman bagi ibu hamil dengan diabetes mellitus gestasional. Terapi diet yang bisa anda lakukan yaitu anda masih boleh makan seperti biasanya misalnya sehari makan 3 kali, namun anda harus membatasi konsumsi atau jumlah karbohidrat, banyak makan buah dan sayuran, batasi konsumsi gula dan makanan yang manis-manis, hindari makanan dengan kandungan lemak tak jenuh seperti kacang-kacangan, dan jumlah kalori harian anda.

2. Terapi olahraga
Selain mengonsumsi makanan yang sesuai untuk ibu hamil dengan diabetes mellitus gestasional juga perlu melakukan terapi olahraga sebagai pengobatan. Dengan rutin berolahraga akan membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga olahraga efektif untuk mengobati diabetes mellitus gestasional. Sebelum melakukan olahraga sebaiknya konsultasikan kepada dokter olahraga apa yang sesuai dan aman untuk anda lakukan.

3. Terapi obat
Jika terapi diet dan olahraga kurang efektif bagi anda, maka anda bisa menggunakan terapi obat. Obat yang biasanya diberikan adalah insulin untuk memenuhi kadar insulin sehingga tubuh mampu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, juga ada obat metformin dalam bentuk tablet yaitu obat minum untuk menurunkan gula darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *