4 Macam Pengobatan Kanker Ovarium

Pengobatan Kanker Ovarium
Kanker ovarium adalah penyakit tumor ganas yang berada di indung telur. Kanker ini bisa mengenai satu atau kedua indung telur wanita. Bahkan pada kanker ovarium yang sudah mencapai stadium IV, penyebaran kanker bisa mencapai organ lain seperti ginjal dan hati. Keganasan dari kanker ovarium tersebut yang mengharuskan anda harus segera melakukan pengobatan jika sudah terdiagnosis kanker ovarium.

Untuk pengobatan kanker ovarium dilakukan di rumah sakit. Ada berbagai macam terapi yang dilakukan sesuai dengan kondisi kanker ovarium pada organ reproduksi anda. Pengobatan kanker ovarium di rumah sakit antara lain:

1. Tindakan operasi

Langkah awal yang direkomendasikan untuk pengobatan kanker ovarium yaitu tindakan operasi. Dalam tindakan operasi ini dokter akan mengangkat organ reproduksi yang terkena kanker. Pengangkatan organ meliputi indung telur, rahim, leher rahim dan tuba fallopi atau saluran telur. Namun terkadang pada beberapa kasus, semua organ reproduksi tersebut tidak diangkat, misalnya pada wanita yang belum pernah hamil. Sedangkan pengangkatan semua organ reproduksi biasanya lebih sering dilakukan pada wanita yang pernah melahirkan. Selain pengangkatan organ reproduksi yang terkena kanker, tindakan operasi juga bisa dilakukan untuk mendiagnosis jenis dan stadium kanker, yang biasanya disebut dengan biopsi (pengambilan sampel tumor untuk diagnosis).

2. Kemoterapi

Setelah melakukan operasi, ada kemungkinan sisa sel kanker pada tubuh anda. Agar tidak membentuk kanker kembali, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pengobatan berupa kemoterapi. Kemoterapi adalah pengobatan kanker ovarium dengan memasukkan obat ke dalam tubuh anda. Ada dua cara kemoterapi yaitu disuntikkan langsung ke perut dan diberikan melalui infus. Kemoterapi menggunakan obat kimia yang memiliki efek cukup tidak nyaman seperti mual, muntah, penurunan nafsu makan, rambut rontok, ruam di tangan dan kaki, luka pada mulut, dan penurunan berat badan secara tiba-tiba.

3. Radiasi

Jika pengobatan operasi dan kemoterapi belum efektif membunuh sel kanker dalam tubuh. Maka anda bisa melakukan pengobatan radiasi. Radiasi adalah pengobatan kanker dengan menggunakan sinar X berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker. Seperti halnya kemoterapi, radiasi juga akan menimbulkan efek samping berupa mual dan muntah, kelelahan, kulit seperti terbakar dan keluar cairan dari vagina.

4. Terapi target

Terapi target pada kanker ovarium bertujuan untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker. Pada metode ini penderita kanker ovarium akan diberi obat dengan dua cara yaitu melalui infus atau diminum langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *